Kopertis Wilayah X Kekurangan Dosen Bidang Kesehatan


Rabu, 28 Oktober 2015 - 19:57:48 WIB

Ia mengatakan, untuk mengantisipasi kekurangan dosen ini Kopertis telah melakukan beberapa lang­kah. Diantaranya mem­fa­silitasi dosen PNS yang berada di perguruan tinggi negeri (PTN) untuk pindah ke Kopertis Wilayah X. Kemudian juga membuka kesempatan bagi praktisi atau pensiunan menjadi dosen tetap Kopertis. Sya­ratnya sudah menyelesaikan studi S2.

Ganefri juga me­nya­takan pemerintah saat ini sangat ketat dalam me­ngatur pelaksanaan perku­liahan di perguruan tinggi. Bagi institusi yang tidak memiliki dosen dengan jabatan fungsional, institusi bisa dikembalikan ke tem­pat kursus, bukan perguruan tinggi lagi.

“Karena jika dosen cu­ma mengajar, artinya me­reka hampir sama dengan instruktur di tempat kursus. Sementara di pergurun ting­gi mereka memiliki kewa­jiban melaksanakan tri dar­ma perguruan tinggi, salah satunya pengabdian kepada masyarakat. Jika hanya me­ngajar saja, mereka belum lagi menularkan ilmunya dan mengaplikasikan ilmu­nya di tengah masyarakat,” urai Ganefri.

Terkait akreditasi B yang sudah disandang oleh Stikes Syedza Saintika, Ganefri memberikan apresiasi kare­na sudah lebih unggul dari PTS lainnya. Ia meng­ha­rapkan, Stikes tidak berpuas diri, karena perguruan ting­gi ini tetap harus mening­katkan sumber dayanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pengembangan Sum­ber Daya Manusia (YPSDM) Syamsul Amar menyatakan yayasan selalu melakukan cara-cara kreatif untuk pengembangan lu­lusan. Seperti memberikan pendidikan soft skill kepada mahasiswa setiap hari Jum­at.

Ia juga berpesan kepada lulusan agar meningkatkan kepercayaan diri mengha­dapi dunia kerja. Menu­rutnya, ketika sudah me­milih menjadi bidan mau­pun perawat, lulusan harus fokus dan tidak menga­lih­kan pilihan ke yang lain.

“Orang yang fokuslah yang akan sukses. Kami juga membuka ruang bagi lulu­san yang ingin berkonsultasi melalui karir development center. Lulusan bisa me­laporkan dimana saja me­reka bekerja dan kendala apa saja yang dihadapi,” terang Syamsul Amar.

Ketua Stikes Syedza Sa­intika Hasrinal juga me­nyatakan saat ini pihaknya mengirim 4 dosen me­nyele­saikan studi S3.

“Dan tahun 2015 kami targetkan seluruh dosen menyelesaikan studi S2,” terang Hasrinal.

Ia menyatakan, pada wisuda kali ini sebanyak 278 lulusan diwisuda. Terdiri dari 169 prodi D3 Kebi­danan, 46 sarjana kepera­watan, 54 profesi ners dan 9 dari prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Wisuda kali ini berte­makan great diamons need good hand to care, great talents nedd reputable to educate.

Hasrinal berharap lu­lusan yang diwisuda kali ini bisa menjaga nama Stikes Syedza Saintika dengan baik. (h/eni)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 30 November 2016 - 01:03:47 WIB

    Kopertis Wilayah X Siap Bersaing di Kancah Internasional

    PADANG, HALUAN — Kopertis Wilayah X Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau, berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas. Terutama dalam pemahaman bahasa asing dimana salah satunya bahasa Inggris..
  • Senin, 20 Juni 2016 - 15:03:52 WIB
    Universitas Tamansiswa Padang

    Menjadi yang Terbaik di Kopertis X Berkat Kebersamaan

    Menjadi yang Terbaik di Kopertis X Berkat Kebersamaan HALUAN,PADANG--Kebersamaan dan silaturahmi yang senantiasa terjalin adalah modal untuk mewujudkan cita-cita dalam segala hal. Dengan kebersamaan semua tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai menjadi lebih mudah..
  • Senin, 15 Februari 2016 - 02:57:05 WIB

    1.817 Dosen Kopertis Wilayah X Tak Miliki Kejelasan Status

    PADANG, HALUAN — Kopertis Wilayah X memberi waktu kepada ratusan perguruan tinggi di wilayahnya untuk memperbaiki data dosen yang diinput dalam website forlap dikti. Hingga saat ini dari data tersebut ditemukan 1.817 dosen .
  • Kamis, 25 Juni 2015 - 18:44:49 WIB

    Kopertis Wilayah X: Dosen S1 Harus Sudah S2 Akhir 2015

    PADANG, HALUAN Kopertis Wilayah X memberikan tenggat waktu kepada dosen yang masih bertitel Sarjana (S1) hingga akhir tahun ini untuk menyelesaikan studi S2-nya.

    Koordinator Kopertis Wi­layah .

  • Kamis, 04 Juni 2015 - 20:53:29 WIB

    Kopertis X Peringatkan PTS Jangan Main Api

    SOAL IJAZAH PALSU

    PADANG, HALUAN — Ter­kuak­nya praktik penerbitan ijazah palsu pasca inspeksi mendadak Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Men­ristek­dikti) M. N.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]