Mantan Menakertrans Diperiksa 8 Jam


Rabu, 28 Oktober 2015 - 20:06:01 WIB

“Saya tidak tahu-menahu apa yang disebut sebagai yang dituduhkan pada Pak Jamal,” kata Muhaimin di KPK, Ja­karta, Rabu (28/10/2015).

Selama diperiksa delapan jam oleh penyidik KPK, pria yang akrab disapa Cak Imin itu memang mengakui ditelisik soal hubungannya dengan Jamaluddin.

Selain itu, kata dia, pe­nyidik juga bertanya sistem pe­nganggaran di Ke­­me­na­ker­trans dan hubungannya de­ngan DPR RI.

“Saya tadi ditanya oleh penyidik tentang berbagai sistem penganggaran di Ke­menakertrans mulai dari ba­gai­mana hubungan dengan DPR, bagaimana hubungan saya dengan Pak Jamal,” kata Cak Imin.

Jamaluddin diduga me­meras untuk memperkaya diri sendiri terkait kegiatan dan tugas Kemenakertrans tahun anggaran 2013-2014 dan dana tugas pembantuan anggaran 2014.

Dia disangka melakukan pemerasan untuk mem­per­kaya diri sendiri dengan me­nyalahgunakan wewenang, dan memaksa seseorang mem­­­bayar sesuatu dengan potongan.

Sejumlah kepala dinas dan kepala daerah pun telah di­periksa untuk dimintai kete­rangannya terkait aksi Ja­maluddin.

Jamaluddin disangka telah melanggar Pasal 12 huruf e, huruf f, Pasal 23 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diu­bah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pi­dana Korupsi (UU Tipikor) juncto Pasal 421 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Jamaluddin kini men­de­kam di Rumah Tahanan KPK Cabang Pomdam Gun­tur Jaya guna kepentingan penyidikan. (h/trn)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 06 Januari 2020 - 19:27:08 WIB

    Mantan Ketum PPP Dituntut 4 Tahun Penjara

    Mantan Ketum PPP Dituntut 4 Tahun Penjara JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mantan Ketua Umum PPP yang juga anggota DPR RI 2014-2019 Romahurmuziy alias Romi dituntut 4 tahun penjara ditambah denda Rp250 juta. Romi dinilai oleh jaksa penuntut umum (JPU) terbukti menerima su.
  • Kamis, 19 Desember 2019 - 19:20:34 WIB

    Mantan Presiden SBY 'Tertawakan' Jokowi?

    Mantan Presiden SBY 'Tertawakan' Jokowi? JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan ketua umumnya, yakni Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sempat tertawa ketika mengetahui pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal PT Asuran.
  • Selasa, 17 Desember 2019 - 17:06:23 WIB

    Niat Tulus Membangun, Mantan Polisi Ini Maju Jadi Bakal Calon Wakil Bupati Pessel

    Niat Tulus Membangun, Mantan Polisi Ini Maju Jadi Bakal Calon Wakil Bupati Pessel PESSEL, HARIANHALUAN.COM -- Dengan niat tulus untuk membangun daerah, seorang mantan polisi yang pernah berdinas di Polres Pesisir Selatan bernama Burhanuddin mendaftar sebagai salah satu calon Kepala Daerah (Kada) di Pesiri .
  • Ahad, 16 September 2018 - 10:45:04 WIB

    Tenggat 90 Hari, KPU Masih Berhak Mencoret Caleg Mantan Koruptor 

    Tenggat 90 Hari, KPU Masih Berhak Mencoret Caleg Mantan Koruptor  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM- Mahkamah Agung (MA) memberikan waktu 90 hari ke KPU untuk pikir-pikir melaksanakan putusan judicial review. Oleh sebab itu, KPU masih berhak mencoret eks koruptor nyaleg..
  • Selasa, 17 Juli 2018 - 20:53:03 WIB

    Caleg DPR, Demokrat Usung Atlet Nasional dan  Mantan Menteri

    Caleg DPR, Demokrat Usung Atlet Nasional dan  Mantan Menteri JAKARTA,HARIANHALUAN.COM - Partai Demokrat mengusung  beberapa  atlet dan mantan atlet nasional dalam daftar calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019.  Selain itu, juga dicalonkan sejumlah  mantan menteri era Pem.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM