Pemadaman Listrik Masih Berlanjut


Rabu, 28 Oktober 2015 - 20:17:05 WIB

Deputi Manager Komhad PLN Wilayah Sumbar, Ridwan melalui pers relis yang diterima redaksi Haluan, kemarin kembali menjelaskan, pemadaman terpaksa dilakukan karena defisit daya yang cukup besar di sistem interkoneksi Sumatera Bagian Tengah dan Selatan, yang didalamnya termasuk Sumbar.

Menurutnya, ada beberapa faktor yang menye­babkan pasokan listrik untuk masyarakat menjadi berkurang sehingga terjadi pemadaman. Pertama, kabut asap yang semakin hari semakin menebal sehingga sangat mempengaruhi PLTG hingga 250 MW. Kedua, musim kemarau yang saat ini terjadi menurunkan kapasitas PLTA hingga 200 MW. Ketiga, pembangkit PLTU Teluk Sirih Unit 2 mengalami gangguan sistem pemeliharaan sebesar 100 MW.

“Ketiga faktor ini menyebabkan pasokan listrik untuk masyarakat menjadi sangat berkurang sehingga, mau tidak mau harus dilakukan pemada­man bergilir dalam frekuensi dan durasi yang lebih lama dari biasanya,” jelas Ridwan.

Saat ini PLN tengah berkerja keras untuk mempercepat per­baikan pemeliharaan pada unit-unit yan sedang masuk ke masa pemeliharaan. Namun untuk beberapa kondisi yang terkait dengan alam seperti musim ke­marau dan kondisi kabut asam tentu saja tidak bisa dipaksakan untuk secepatnya pulih.

Sembari PLN menjalankan tugas untuk memperbaiki kon­disi kelisrtrikan di Sumatera Barat ini, PLN mohon kesabaran dari pelanggan dan membantu PLN dengan cara berhemat listrk untuk menjaga pasokan listrik saat ini sehingga defisit listrik sedikit demi sedikit dapat ber­kurang.

PLN sama sekali tidak mengi­nginkan pemadaman yang terjadi, karena bagi PLN padam berarti bekerja lebih keras. Saat ini PLN tengah berusaha untuk membe­nahi pasokan listrik agar kenya­ma­nan pelanggan yang akhir-ak­hir ini terganggu segera berakhir.

Pemprov Sumbar terima per­mintaan maaf dari PT. PLN, terkait dengan pemadaman listrik yang terjadi. Permintaan maaf ini disampaikan langsung General Manager PT. PLN Wilayah Sum­bar Supryadi kepada seluruh masyarakat Sumbar.

Penjabat (Pj) Gubernur Sum­bar Reydonnyzar Moenek kepa­da Haluan menyebutkan, PT. PLN telah lebih dulu menyam­paikan permintaan maaf terkait pemadaman bergilir yang saat ini terjadi. PT. PLN kata Donny_ panggilan akrabnya juga mene­rangkan kondisi pembangkit saat ini yang sedang mengalami peme­liharaan dan perbaikan.

“Ada dua pembangkit yang sedang bermsalah. Untuk pem­bangkit Ombilin, Danau Sing­karak itu keterangan PLN tengah pemiliharaan. Sementara untuk Teluk Sirih tengah mengalami kerusakan dan sedang diper­baiki,” ujarnya.

Selain itu kata Donny, pema­daman juga disebabkan faktor cuaca saat ini yang membuat kondisi pembangkit tidak bekerja maksimal. “Hujan yang tak turun ikut membuat air permukaan danau Maninjau dan Singkarak menyusut. Ditambah kabut asap yang juga mengganggu PLTG di Sumsel yang biasanya memasok listrik ke Sumbar,” ungkapnya.

Hanya saja ujar Donny, pema­daman bergilir ini masih belum bisa dipastikan akhirnya. Me­ngingat PLN hingga saat ini masih mengusahakan perbaikan pembangkit yang ada.

“Kepada masyarakat kita meminta bersabar karena PLN sudah menurunkan tim terbaik­nya untuk mengatasi hal ini. Jadi, kita menghimbau masyarakat bisa memahami kondisi ini,” mintanya. (h/rel/vid/mg-isr)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 12 Maret 2016 - 04:20:27 WIB
    Mesin Pembangkit Rusak

    PLN Lakukan Pemadaman Bergilir

    PADANG, HALUAN – Pemadaman bergilir yang dilakukan Perusahaan Lisrik Negara (PLN) Wilayah Sumbar di beberapa wilayah, sebagian besar disebabkan rusaknya komponen-komponen penting pada mesin pembangkit tenaga listrik. Terkai.
  • Ahad, 15 November 2015 - 19:38:43 WIB

    Sumbar Sudah Bebas Pemadaman Bergilir

    PADANG, HALUAN — Su­matera Barat sudah bebas dari pemadaman listrik bergilir seiring dengan mu­lai normalnya operasi Pusat Listrik Tenaga Air (PLTA).

    Humas PLN Wilayah Sumatera Barat, Ridwan me.

  • Rabu, 14 Oktober 2015 - 20:03:48 WIB

    PLN Janji Pemadaman Usai

    AKHIR OKTOBER PEMELIHARAAN SELESAI

    Harapan masyarakat untuk mendapat pasokan listrik secara baik akan terpenuhi akhir Oktober ini. PLN meyakinkan tak ada pemadaman bergilir begitu pemeliharaan pemb.

  • Senin, 22 Juni 2015 - 18:49:43 WIB

    Tak Ada Pemadaman Listrik Bergilir

    PADANG, HALUAN — Lis­­trik di sekitar Lubuk Buaya dalam beberapa hari belaka­ngan ini sering mati. Bahkan sehari menjelang puasa, pe­ne­rangan PLN ini mati sejak pukul 9.00 WIB sampai pukul 17.00. D.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]