2016, Katiagan Bebas dari Keterisolasian


Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:01:15 WIB

Endang menyebutkan, pembangunan jem­batan penghubung antar dua kejorongan itu, hingga saat ini tengah berlangsung. Pihaknya berharap, agar proses pengerjaannya bisa berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Selain memutus keterisolasian, manfaat da­ri­ dibangunnya jembatan melalui program ADD tahun 2015 itu terang Endang, juga akan sa­­ngat mendukung program pemerintah da­lam upaya pengentasan kemiskinan. Selain itu, ju­­ga dipas­tikan akan berdampak terhadap ke­ma­juan dan peningkatan kualitas pemba­ngu­nan.

“Ya, akan sangat banyak manfaatnya dari pembangunan jembatan ini. Yang pastinya, dari hal ini juga diharapkan akan berdampak positif terhadap perubahan dan kemajuan sikap mental dan prilaku masyarakat,” pungkas Endang.

Selain ADD, saat ini nagari itu juga tengah melakukan berbagai pembangunan yang angga­rannya bersumber dari anggaran dana desa/ dana nagari sebesar Rp1 miliar. Apli­kasinya, antara lain untuk pembangunan badan jalan dari Jorong Man­diangin menuju Katia­gan, pelebaran dan nor­malisasi sejumlah sungai yang ada di nagari itu.

Dijelaskan, ADD dan ADN Katiagan pada tahun ini, sengaja diprioritaskan untuk pem­bangunan infrastruktur jalan. Sebab, faktor utama yang akan sangat menentukan pening­katan pertumbuhan perekonomian dan infrastruktur lain, adalah tersedianya infra­struktur jalan yang baik dan memadai.

“Kita optimis, di tahun mendatang pere­konomian nagari ini akan mengalami pening­katan. Betapa tidak, kendala menyulitkan adalah terjeratnya perjalanan perahu nelayan, akibat dangkalnya batang sungai muara. Jembatan penghubung selama ini juga buruk,” tandas Endang. (h/gmz)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 30 Desember 2016 - 01:19:44 WIB

    2016, Tercatat 56 Kasus Pertanahan di Pasbar

    PASBAR, HALUAN — Kabupaten Pasaman Barat merupakan salah satu daerah yang konflik perta­na­hannya cukup tinggi. Sepanjang tahun 2016 saja tercatat konflik tanah lebih dari 56 kasus..
  • Rabu, 09 November 2016 - 15:29:45 WIB

    Tahun 2016, Sumbar Tidak Ada Mengusulkan Nama Pahlawan

    Tahun 2016, Sumbar Tidak Ada Mengusulkan Nama Pahlawan PADANG, HALUAN -- Pemprov Sumbar melalui Dinas Sosial (Dinsos) memastikan tidak ada usulan nama pahlawan tahun ini. Empat nama pahlwan yang diajukan Kabupaten Agam dan Kota Pariaman baru akan diproses dan diajukan tahun 2017 .
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:27:43 WIB

    HPS 2016, Bukittinggi Bertabur Juaras

    HPS 2016, Bukittinggi Bertabur Juaras BUKITTINGGI, HALUAN — Kota Bukittinggi berhasil menyabet sejumlah prestasi dan penghargaan pada berbagai lomba yang digelar Dinas Per­tanian Sumbar sekaitan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2016 di Kota Solok. Sedikitnya, kon­t.
  • Kamis, 04 Agustus 2016 - 04:49:00 WIB

    Jelang TdS 2016, Hotel Masih Sepi Pengunjung

    Jelang TdS 2016, Hotel Masih Sepi Pengunjung LIMAPULUH KOTA, HALUAN—Tiga hotel di Limapuluh Kota berlokasi di pinggiran kota, masing-masing di Taeh Bukit, Lubuak Batingkok dan Tanjung Pati, sepi pengunjung..
  • Jumat, 13 Mei 2016 - 16:12:43 WIB

    Januari – April 2016, Tercatat 86 Kasus Kecelakaan di Bukittinggi

    BUKITTINGGI, HALUAN -- Angka kecelakaan lalu lintas di Bukittinggi masih tergolong tinggi. Dari Januari hingga akhir April kemarin, sedikitnya tercatat 86 kasus kecelakaan yang menyebabkan 21 nyawa melayang, 21 lainnya luka .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]