242 Pasien Kabut Asap Dirawat Intensif


Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:03:08 WIB

Ia menyebut, sejak tiga bulan terakhir rumah sakit telah menerima pasien aki­bat kabut asap sebanyak 454 orang, yang terdiri dari pasien bronkopbeumonia 223 rawat inap dan 38 rawat jalan, serta penderita ISPA dengan jumlah 19 rawat inap dan 174 rawat jalan.

“Pihak rumah sakit akan berupaya maksimal mela­yani dan merawat pasien yang terkena dampak kabut asap ini,” katanya.

Sementara itu, Pj. Bupa­ti Tanah Datar, Sudirman Gani mengatakan setiap Puskemas diminta buka 24 jam setiap hari. “Saya minta seluruh Puskesmas untuk buka 24 jam untuk mem­berikan pelayanan pengo­batan, khususnya mengan­tisipasi adanya pasien pen­derita ISPA. Jika tidak me­mungkinkan, segera rujuk ke RSUD Ali Hanafiah Batusangkar,” katanya.

Sudirman mengatakan, pemerintah daerah tidak menginginkan ada warga Tanah Datar penderita ISPA yang tidak tertangani dengan cepat. “Untuk itu saya minta jajaran Dinas Kesehatan dapat menindaklajuti hal ini dengan baik,” katanya.

Sudirman juga mengim­bau seluruh masyarakat un­tuk mengurangi aktivitas yang tidak penting di luar rumah. Kalaupun perlu ha­rus menggunakan masker penga­man untuk mengu­rangi resi­ko terkena pe­nyakit saluran per­napasan. “Masyarakat kita ha­rapkan untuk terus me­ning­katkan ibadah kepada Allah SWT dan berdoa agar musi­bah kabut asap dapat segera hilang,” harapnya. (h/emz)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 12 Mei 2016 - 04:55:11 WIB
    Pasbar Terbanyak

    242 Nagari Ajukan Pemekaran

    242 Nagari Ajukan Pemekaran PADANG, HALUAN — Sebanyak 242 nagari dari 10 kabupaten/kota di Sumbar ajukan pemekaran. Pasaman Barat terbanyak de­ngan 77 Nagari. Sekarang nagari-nagari tersebut sedang menyiapkan bahan admi­nistrasi pemekaran. Pemda Kab.
  • Jumat, 21 Agustus 2015 - 19:52:09 WIB

    Pemilih Kota Solok Bertambah 1.242 orang

    SOLOK, HALUAN — Jumlah pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Solok tahun ini bertambah sekitar 1.242 orang dibanding jumlah pemilih yang tecatat dalam Data Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) yang dikel.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]