PKS Peduli Bencana Kabut Asap


Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:08:05 WIB

“Bencana kabut asap bukan lagi masalah Sumatera atau Kalimantan. Ini sudah menjadi masalah nasional,” ujar Wakil Ketua DPW PKS Sumbar yang sekaligus Koordinator Genta PKS Sumbar, Nurfirmanwansyah.

Dikatakan, semula PKS Sumbar akan melakukan evakuasi bagi warga Riau yang terpapar kabut asap ke Sumbar karena kebakaran lahan di provinsi tetangga sudah sangat parah. Namun belakangan keadaan berbalik. Sesuai perkiraan BMKG, asap pekat itu kini justru menyungkup Sumbar.

Asap kiriman dari provinsi tetangga menyebabkan minimnya jarak pandang. Akibatnya aktivitas di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) terganggu, bahkan sempat ditutup. Ini sangat merugikan ekonomi Sumbar. Lebih parah lagi, kabut asap berdampak bagi kesehatan dan merenggut nyawa.

“Karena di Sumbar tidak ditemukan pembakaran lahan, maka Genta PKS Sumbar akan fokus pada  penanganan korban kabut asap dan layanan kesehatan,” ujar Nurfirmanwansyah.

Siang itu, sekitar 30 relawan PKS dan didukung organisasi sayap partai Garuda Keadilan, Gema Keadilan, Kepanduan dan Prokami, turun ke jalan membagikan sekitar 2.000 masker pada pengendara. Dengan antusias, pengedara yang berhenti di lampu merah meraih masker yang diberikan dan langsung memakainya.

“Pejalan kaki juga kita beri masker. Selanjutnya, relawan memberikan penjelasan tentang pemakaian masker yang benar,” terang kader PKS, dr. Fitria Heny.

Ditambahkan Nurfirmanwansyah, di Sumbar kader PKS tidak terlibat dalam pemadaman lahan. Namun pada beberapa provinsi sumber kebakaran lahan, PKS menerjunkan relawannya ikut memadamkan api, seperti di Palangkaraya.

“Untuk Sumbar, kita hanya melakukan penanganan korban kabut asap, memberikan layanan kesehatan, membagikan masker dan sebagainya. Masyarakat yang ingin memeriksakan kesehatannya, bisa mendatangi Posko Kesehatan di DPW PKS Sumbar,” katanya. (h/vie)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 23 Oktober 2017 - 10:24:08 WIB

    Cari Pasangan Mahyeldi, PKS Bertemu Faldo Maldini

    Cari Pasangan Mahyeldi, PKS Bertemu Faldo Maldini PADANG, HARIANHALUAN.COM--DPW PKS Sumbar dan Faldo Maldini bertemu beberapa waktu lalu di Padang. Salah satu hal yang dibahas dalam pertemuan itu ialah Pilkada Padang 2018..
  • Senin, 30 Mei 2016 - 06:36:24 WIB

    PKS Sumbar Teken MoU dengan BNN

    PKS Sumbar Teken MoU dengan BNN PADANG, HALUAN — De­wan Pengurus Wilayah Par­tai Keadilan Sejahtera (PKS) Sumatera Barat me­neken nota kesepahaman de­ngan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumbar dalam rangka pencegahan dan pemberantasan narkoba di kal.
  • Senin, 02 Mei 2016 - 04:28:58 WIB

    Jalan Sehat PKS Bertabur Doorprize

    Jalan Sehat PKS Bertabur Doorprize PADANG, HALUAN—Me­me­riah­kan Milad PKS ke 18, Dewan Pe­ngurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Padang, menggelar olahraga jalan sehat. Keluarga besar PKS, simpatisan dan masyarakat lainnya tumpah ruah memenu.
  • Selasa, 22 Maret 2016 - 04:52:49 WIB

    PKS Absen di Pilkada Mentawai

    PADANG, HALUAN — Partai Keadilan Sejahtera (PKS), memastikan tidak akan mencalonkan kadernya di Pilkada Kabupaten Kepulauan Mentawai 2017 mendatang. Ketua DPW PKS Sumbar Irsyad Syafar mengatakan, absennya PKS pada pilkada d.
  • Selasa, 08 Maret 2016 - 03:56:30 WIB
    Rekomendasi Pansus Pilgub DPRD Sumbar

    F-Gerindra dan PKS “Tak Berpendapat”

    PADANG, HALUAN — Hingga akhir masa pembahasan dan rekomendasi disampaikan, dua fraksi di DPRD Sumbar, masing-masingnya Fraksi Gerindra dan Fraksi PKS, tetap bersikukuh bukan menjadi bagian dari Panitia Khusus (Pansus) pemil.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]