Warga Pasa Gadang Protes Keberadaan Krematorium


Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:11:06 WIB

“Warga RT 02/RW 03 Kelurahan Pasa Gadang meminta agar krematorium ditutup. Namun lurah meminta spanduk yang kami bentangkan diturunkan, dengan alasan tidak berizin,” kata Ketua RT 02/RW 03 Kelurahan Pasa Gadang, Rudi Darwis (43) kepada para awak media. Menurutnya, warga komplain karena dalam proses pendirian dan penggunaan krematorium tersebut tidak dirundingkan dengan masyarakat sekitar.

“Hal ini tentu mengganggu psikologis masyarakat yang beribadah di masjid, karena krematorium tersebut tidak berjauhan dengan masjid,” ungkapnya.

Sementara itu, Anton (41), salah satu warga di Pasa Gadang mengatakan, masyarakat sudah mengirimkan surat protes izin dari krematorium tersebut kepada Camat Padang Selatan dengan tembusan kepada Walikota Padang.

“Pemerintah seharusnya mendengar aspirasi warga di sekitaran krematorium tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, terkait pelarangan pembentangan spanduk berupa larangan pendirian krematorium tersebut, Lurah Pasa Gadang Yusmiati M membantah telah melarang dan menurunkan spanduk yang dibentangkan warga di kawasan ‘pecinan’ tersebut.

“Krematorium tersebut bukan lagi berada di kawasan Pasa Gadang, tetapi sudah masuk Kelurahan Batang Arau. Saya meminta kepada RT setempat agar spanduk diturunkan agar tidak memancing keributan. Sebagai catatan, warga Kelurahan Pasa Gadang yang berada di sekitaran krematorium tersebut hanya terdiri dari 25 kepala keluarga,” jelasnya.

Yusmiarti juga mengklarifikasi terkait rencananya hendak menurunkan spanduk yang dibentangkan warga tersebut. Menurutnya, ia memang meminta warga untuk tidak membentangkan spanduk tersebut, tapi kenyataan­nya spanduk masih juga dibentangkan. “Saya berencana mengundang RT dan warga di sekitar krematorium yang masuk dalam Kelurahan Pasa Gadang untuk rapat pada siang ini, Kamis (29/10) pukul 14.00 WIB. Namun, warga salah menanggapi , mengira saya akan menurun­kan spanduk tersebut,” pungkasnya. (h/mg-adl)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]