Pemilu Myanmar Berpotensi Diwarnai Kekerasan


Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:14:11 WIB

Mandalay menjadi salah satu wilayah yang ber­potensi membara. Di sini, USDP — partai yang berkuasa saat ini di Myanmar — akan bertarung hebat dengan NLD.

USDP didukung biksu nasionalis garis keras Ashin Wirathu. Baru-baru ini Wirathu menyerang NLD sebagai partai pro-Muslim.

Kyaw Zin Oo dari Pemuda NLD Mandalay menga­takan; “Poster-poster calon kami dihancurkan. Kami tidak tahu siapa yang melakukannya. Di negara kita, kami sangat takut akan konflik agama dan sangat khawatir akan potensi kekerasan antara dua agama, apalagi pada saat-saat penting seperti pemilu ini.”

Bukan hanya NLD yang menjadi target, partai berkuasa USDP juga mengalami kejadian tak menye­nangkan selama masa pemilu.

Dr Moe Thu Win, calon dari partai USDP menga­takan, “Tidak hanya NLD, USDP dan saya menjadi korban. Ini bisa jadi citra buruk bagi pemilu negara kita.”

Pemilu yang sukses sangat penting untuk daerah seperti Mandalay, kota terbesar kedua dan pusat komersial di Myanmar. (h/inl)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 01 April 2015 - 19:38:29 WIB

    Oposisi Menangkan Pemilu Nigeria

    ABUJA, HALUAN — All Prog­ressives Congress (APC) me­ngumumkan Muhammadu Bu­­hari memenangkan pemilu presiden Nigeria. Kemenangan mantan pe­nguasa militer Buhari me­nandai kali pertama dalam sejarah.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]