Jaksa Agung Penuhi Panggilan Pansus Pelindo II


Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:14:34 WIB

 

“Nanti akan kami jelas­kan di Pansus. Itu kalau ditanya, namun menjadi domainnya Jamdatun,” ka­ta­nya di kom­pleks DPR, Jakarta Pusat, Kamis (29/10/2015).

Sebelumnya mantan po­li­ti­kus partai NasDem ter­sebut memenuhi panggilan Pansus pada Selasa (27/10/2015) lalu. Namun karena mayoritas anggota Pansus berhalangan hadir, rapat yang melibatkannya itu terpaksa diundur.

Tak Buat Gaduh

Panitia Khusus (Pansus) angket Pelindo II DPR RI sudah mulai bekerja dengan memanggil sejumlah orang yang dianggap terkait deng­an dugaan penyelewengan di Pelindo II.

Pansus diharapkan tidak terkontaminasi dengan ke­pen­tingan kelompok atau parpol tertentu karena hal itu akan menjadi preseden buruk bagi penegakan hu­kum di negeri ini.

Pakar Hukum Pidana dari Universitas Parah­yang­an Bandung Agustinus Po­han menjelaskan Pansus Pe­lindo II hanya bisa me­nga­wasi kinerja penegak hukum saat menangani ka­sus Pe­lindo. Bahkan, Pan­sus tidak boleh menga­rah­kan untuk tujuan-tujuan tertentu

“Pansus relevan (be­ker­ja) kalau kaitannya me­ng­a­wasi kinerja penegak hu­kum. Kalau terbatas pada mengawasi silahkan,” ujar Agustinus, Kamis (28/10).

Bila pansus berusaha un­tuk mencari-cari ke­sa­lahan pihak lain hal itu akan sangat berbahaya. Sangat tidak tepat bila pansus be­rupaya untuk menggapai target tertentu misalnya me­m­politisasi pan­sus untuk kepentingan ke­lompok tertentu.

Bila berdasarkan pen­yelidikan pansus terbukti ada penyimpangan maka Pelindo harus bertanggung jawab. Sebaliknya bila tidak ditemukan penyimpangan maka Pansus harus tetap objektif. “Pansus harus be­kerja profesional dan men­jauh­kan segala kepentingan ke­lom­pok tertentu diatas se­gala­nya. Kepentingan ne­ga­ra harus menjadi tolok ukur pelaksanaan pansus itu,” katanya.

Munculnya kabar seo­lah-olah PDI-Perjuangan tidak senang dengan Meneg BUMN Rini Soemarno ha­rus dikesampingkan. Ob­jek­tivitas pansus Pelindo benar-benar diuji. (h/inl)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 10:51:39 WIB

    Surya Paloh Rangkul PKS, Pengamat: NasDem Kecawa ke Jokowi Soal Jaksa Agung 

    Surya Paloh Rangkul PKS, Pengamat: NasDem Kecawa ke Jokowi Soal Jaksa Agung  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menilai, langkah Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh yang menemui petinggi PKS disinyalir karena Nasdem kecewa ke Presiden Jok.
  • Jumat, 14 Oktober 2016 - 01:16:11 WIB

    Jelang Pilkada, Jaksa Pelototi Dana Bansos

    JAKARTA, HALUAN — Ke­jak­saan Agung mulai mening­katkan pengawasan terhadap APBD di daerah yang sedang menggelar pilkada. Tujuannya agar APBD tidak diseleweng­kan, terutama demi memenang­kan calon incumbent..
  • Senin, 19 Oktober 2015 - 19:36:40 WIB

    Jaksa Agung: Biasa-biasa Saja

    DIPANGGIL MENDADAK JOKOWI

    JAKARTA, HALUAN — Sorotan demi sorotan terhadap Partai NasDem, terus berlanjut. Hal itu seiring dengan mencuatnya dugaan suap dalam kasus dana Bansos di.

  • Kamis, 15 Oktober 2015 - 19:54:36 WIB

    KPK Masih Dibutuhkan Selama Polisi dan Kejaksaan Lemah

    JAKARTA, HALUAN —  Ang­­gota Komisi III DPR RI Arsul Sani tidak setuju Ko­misi Pemberantasan Korupsi (KPK) dibatasi umurnya 12 tahun karena lembaga itu masih dibutuhkan selama kepolisian dan kejaksaa.

  • Rabu, 16 September 2015 - 19:27:44 WIB

    Bareskrim Siap Serahkan BW ke Kejaksaan

    KUASA HUKUM SUDAH TERIMA SURAT

    JAKARTA, HALUAN — Pe­­nyidik Bareskrim Polri dikabarkan akan segera me­nyerahkan Wakil Ketua no­n­­­aktif Komisi Pem­be­ran­tasan Korupsi.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM