Bersihkan Padang dari Iklan Rokok


Kamis, 29 Oktober 2015 - 18:21:58 WIB

“Hasil monitoring dan kajian kami dari sisi ko­mu­nikasi dan psikologi, tingkat paparan iklan terhadap anak sangat menentukan atas keputusan mereka untuk mengonsumsi suatu produk. Dan kami khawatir, apabila keterpaparan iklan rokok terhadap anak tinggi, maka jumlah perokok aktif akan semakin bertambah karena anak itu memilih merokok se­telah melihat iklan ro­kok,” ucap Pengurus Ruan­du Foundation, Muharman kepada Haluan di sela-sela konferensi pers ‘Iklan Ro­kok Mengepung Sekolah’, Selasa (29/10).

Ruandu Foundation se­ba­gai lembaga swadaya yang konsen menentang pe­ngen­dalian tembakau se­cara liar berharap, agar Kota Padang sesegera mungkin men­ca­nangkan total baned (peng­hentian penuh) ter­hadap segala bentuk peri­klanan dan promosi rokok, se­ba­gaimana telah dila­ku­kan oleh Kota Padang Pan­jang dan Kota Payakumbuh.

“Padang tentu bisa mela­kukan pengendalian tem­bakau. Kami ingin peme­rintah berkomitmen untuk melakukan total baned ini, demi masa depan anak-anak,” imbuhnya lagi.

Di sisi lain, Kepala Bi­dang (Kabid) Pengendalian Masalah Kesehatan DKK Padang, Feri Mulyani me­ngatakan, berdasarkan survey terakhir yang dilakukan, dari 876.880 jiwa penduduk Kota Padang, 323.963 di anta­rannya berada pada usia di bawah 20 tahun. Dan lebih dari separuh warga Padang, yaitu sebanyak 66,2% adalah perokok.

“Sebagian besar warga Padang tentu mendukung kawasan tanpa rokok (KTR), artinya masyarakat mempunyai kesadaran yang tinggi. Kehadiran iklan ro­kok di sekitar lingkungan sekolah memang hal yang harus dientaskan, minimal ada radius jelas dari sekolah yang tidak boleh ada iklan rokok,” kata Feri.

Ia menerangkan, rokok mengandung zat adiktif yang me­ngandung 4.000 zat ki­mia, 69 diantaranya bersifat karsinogenik (pencetus kan­ker). Apalagi, rokok yang dihisap anak-anak, akan bisa mempengaruhi daya pikir mereka, sehingga be­ra­kibat mengganggu ma­sa depannya. Selain itu, rokok tidak hanya mem­bahayakan perokok aktif, karena perokok pasif justru yang paling banyak men­derita kerugian.

Di sisi lain, Psikolog asal Universitas Andalas Kuswar­dani Susari Putri me­nyam­paikan, sejauh ini iklan rokok telah dikemas sebaik mung­kin oleh produsen untuk menarik masyarakat agar mencoba dan mencanduinya. Dan selain bahaya iklan, lingkungan juga berpengaruh besar untuk keputusan sese­orang menjadi perokok aktif.

“Anak yang merokok se­ringkali tidak memiliki semangat tinggi di bidang akademik. Hal ini tentu ha­rus dilawan, rokok telah nya­ta-nyata membahayakan ma­sa depan sehingga harus di­ken­dalikan,” ucapnya. (h/mg-isq)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 04 September 2020 - 16:05:41 WIB

    Secret Clean Berkomitmen Bersihkan Masjid di Padang dari Covid-19

    Secret Clean Berkomitmen Bersihkan Masjid di Padang dari Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 belum usai dan pemerintah pun memutuskan untuk menerapkan adaptasi kehidupan setelah ada peningkatan kasus di Sumbar dalam seminggu terakhir. Artinya, masyarakat perlu mempersiapkan diri un.
  • Senin, 20 April 2020 - 11:10:21 WIB

    Sambut Ramadan Warga Padang Sarai Goro Bersihkan Lingkungan

    Sambut Ramadan Warga Padang Sarai Goro Bersihkan Lingkungan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Menyambut bulan suci Ramadan 1441 Hijriah, warga Kelurahan Padang Sarai, Kecamatan Koto Tangah melaksanakan gotong royong (goro), Minggu (19/4)..
  • Sabtu, 22 Februari 2020 - 22:32:08 WIB

    Pasca Angin Kencang, Tim TRC BPBD Padang Terjun Bersihkan Pohon Tumbang

    Pasca Angin Kencang, Tim TRC BPBD Padang Terjun Bersihkan Pohon Tumbang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Akibat angin kencang yang terjadi beberapa hari ini, setidaknya telah menyebabkan beberapa kerusakan seperti pohon tumbang di beberapa titik di Kota Padang..
  • Ahad, 26 Januari 2020 - 19:18:37 WIB

    DLH Turunkan 80 Petugas Bersihkan Sampah Pantai Padang

    DLH Turunkan 80 Petugas Bersihkan Sampah Pantai Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menurunkan 80 orang Petugas Kebersihan Kecamatan Kelurahan (PK3) untuk melakukan aksi bersih-bersih di sepanjang Pantai Padang, Minggu (2.
  • Jumat, 03 Agustus 2018 - 12:28:52 WIB

    PT. Semen Padang dan Lantamal II Bersihkan Pantai Padang

    PT. Semen Padang dan Lantamal II Bersihkan Pantai Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM – Semen Padang sebagai perusahaan yang komit terhadap kebersihan lingkungan, kembali melakukan aksi bersih-bersih. Kali ini, melalui program ‘Barasiah Basamo’, Semen Padang menggandeng Lantamal .

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]