Disdik Padang Kesulitan Lakukan Pemerataan Guru


Jumat, 30 Oktober 2015 - 19:52:25 WIB
Disdik Padang Kesulitan Lakukan Pemerataan Guru

Saat ini, menurut data Disdik Kota Padang, jumlah guru SD di Kota Padang mencapai 3 ribu orang, guru SMP 2 ribu orang, guru SMA 1.000 orang dan guru SMK 1.000 orang.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Minggu 07 Maret 2021

“Pemerataan guru itu sifatnya tidak bisa kita pak­sakan. Jika ada guru yang pensiun maka akan kita tambah dengan yang baru,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk guru SD jika masih ada yang kurang maka dilengkapi oleh guru honorer yang ber­kompeten. Artinya guru honorer yang mengajar ti­dak akan jauh berbeda ku­alitas­nya dengan guru PNS. Jika ada yang ingin pindah pihak­nya tetap akan mem­bantu.

Baca Juga : Cegah Perceraian dan Kekerasan, Kemenag Padang Dukung Raperda PKK

“Bagaimana kita mau membantu memfasilitasi proses pindahnya guru ini, jika niat dari guru tidak ada,” katanya.

Namun, disdik akan te­tap memfasilitasi para guru yang ingin pindah mengajar dari SMP ke SD supaya kekurangan guru di SD dapat diatasi.

Baca Juga : Gempa 5,8 Magnitudo Guncang Padang, Pasien dan Keluarga di RSUP M Djamil Berhamburan

”Namun hingga kini masih sedikit yang me­nga­jukan dan saya belum dapat berapa data pastinya. Na­mun, bagi para guru yang ingin pindah, dinas siap memfasilitasi baik dengan memberikan pelatihan atau­pun mempercepat proses perpindahannya,” jelasnya.

Namun hingga sekarang solusi untuk SD yang ke­kurangan guru tersebut, baru diatasi dengan mem­berdayakan guru atau tenaga honorer yang ada.

Baca Juga : Hendri Septa Serahkan SK Pengangkatan bagi 112 P3K di Lingkungan Pemko Padang Formasi 2019

“Sekarang, kan, banyak lulusan yang mencari jam di sekolah-sekolah. Untuk itu, sekolah dapat menerima tenaga honorer ini untuk mencukupi tenaga pendidik di SD,” ungkapnya.(h/ows)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]