Hujan Guyur Asap, DBD Mengintai


Jumat, 30 Oktober 2015 - 20:04:52 WIB

“Hujan sudah mulai turun, sehingga ketebalan asap mulai berkurang. Indeks Standar Pen­cemaran Udara (ISPU) juga menunjukkan angka yang sedang dan tidak berbahaya bagi kese­hatan. Tapi, bukan berarti asap sama sekali menghilang, kewas­padaan harus tetap dilakukan, jangan dilonggarkan,” ucapnya.

Pada Senin (30/10) lalu, Dinas Kesehatan Kota Padang telah melakukan rangkaian penyu­luhan waspada asap ke rumah-rumah, menggunakan 23 unit puskesmas keliling (Puskel) milik DKK Padang. Selain itu, dokter-dokter di Pusat Kese­hatan Masyarakat (Puskesmas) juga diturunkan ke sekolah-sekolah untuk melakukan penda­taan dan penyuluhan ISPA.

“Sebelum pendataan, pada Jumat sampai Minggu anak seko­lah libur. Kami mendata ke sekolah pada hari Seninnya, dan hasil sementara pendataan me­nun­jukkan lebih kurang 9.000 siswa sekolah dasar terkena gejala ISPA. Tapi bukan satu hal yang mengkhawatirkan, karena hanya gejala ringan seperti batuk kering dan flu,” jelasnya lagi.

Atas hasil pendataan semen­tara itu, Eka Lusti mengimbau warga Kota Padang untuk tidak membiarkan anak-anak berke­liaran di luar rumah. Terlebih, sebagian orangtua masih tidak memperdulikan pentingnya me­leng­kapi anak dengan masker saat kondisi udara diliputi kabut asap.

“Pendataan yang kami laku­kan itu setelah libur. Artinya, saat libur banyak anak yang keluar rumah sehingga terkena gejala ISPA ringan. Untuk itu, kami imbau orangtua agar mengawasi anak-anak mereka. Jika keluar rumah, gunakan masker. Selain itu, perbanyak konsumsi air putih serta buah-buahan,” tukasnya.

Hujan, Waspadai DBD

Berdasarkan informasi kua­litas udara di GAW Kototabang pada pukul 08.00 WIB, Jumat (30/10), pertamakali selama dua pekan belakangan Indeks Stan­dar Pencemaran Udara (ISPU) berada pada angka PM10 : 77 ug/m3. Artinya, kualitas udara bera­da dalam kondisi sedang, dan sama sekali tidak membahaya­kan.

Meskipun paparan kabut asap mulai berkurang karena turunnya hujan. Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumbar turut me­ngim­bau masyarakat agar tetap me­ningkatkan kewaspadaan. Karena selain bahaya kabut asap yang masih ada, turunnya hujan juga dapat memudahkan berkem­bang­nya penyakit Demam Ber­darah (DBD).

“Hujan sudah mulai turun dan mengurangi asap. Tapi mas­yarakat harus menyikapinya dengan tetap waspada dan ber­perilaku hidup sehat. Selepas hujan, biasanya momen perkem­bangan bagi DBD, antisipasi penyakit itu dengan membu­dayakan 3M plus (Menutup, Menguras, Mengubur). Selain itu, banyak-banyak meng­kon­sumsi sayur dan buah untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” ucap Kepala Dinkes Sumbar Ro­snini Savitri melalui Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit dan Bencana Irene Susilo. (h/mg-isq)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 01 Oktober 2020 - 18:48:47 WIB

    Hujan Sejak Kamis Siang, Kota Padang Dikepung Banjir

    Hujan Sejak Kamis Siang, Kota Padang Dikepung Banjir HARIANHALUAN.COM - Hujan intensitas sedang disertai angin kencang terjadi di Kota Padang, Kamis (1/10/2020) sejak pukul 13.00 WIB hingga 17.50 WIB, menimbulkan genangan air di sejumlah titik. .
  • Kamis, 10 September 2020 - 06:03:50 WIB

    Diguyur Hujan 3 Jam, Puluhan Rumah Warga di Padang Terendam Banjir

    Diguyur Hujan 3 Jam, Puluhan Rumah Warga di Padang Terendam Banjir HARIANHALUAN.COM - Curah hujan tinggi sejak malam hari mengakibatkan banjir di Kota Padang. Tak hanya jalanan, rumah warga pun ikut terendam banjir. Selain curah hujan tinggi, banjir juga disebabkan ada parit yang tersumbat..
  • Sabtu, 09 Mei 2020 - 06:02:17 WIB

    Hujan Deras Disertai Angin Kencang Melanda Kota Padang pada Dini Hari

    Hujan Deras Disertai Angin Kencang Melanda Kota Padang pada Dini Hari PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Hujan deras mengguyur Kota Padang, Provinsi Sumbar pada dini hari Sabtu (9/5/2020). Hujan juga disertai angin kencang. Hal tersebut membuat sebagian warga waspada. Terutama daerah rawan banjir kala.
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 14:03:48 WIB

    Diguyur Hujan, 10 Lokasi di Kota Padang Terdampak Pohon Tumbang

    Diguyur Hujan, 10 Lokasi di Kota Padang Terdampak Pohon Tumbang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Diguyur hujan beserta angin kencang dalam 2 (dua) hari terakhir, 10 (sepuluh) pohon tumbang di beberapa wilayah Kota Padang. Sembilan diantaranya menghambat akses jalan, sedangkan 1 (satu) pohon me.
  • Rabu, 29 Januari 2020 - 21:36:31 WIB

    Hujan Angin, BPBD Padang Evakuasi 36 Titik Pohon Tumbang

    Hujan Angin, BPBD Padang Evakuasi 36 Titik Pohon Tumbang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Satu pohon kelapa dengan panjang 20 meter dan diameter 55 cm tumbang menimpa rumah warga di jalan Gambolo RT.003/RW.004 Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah, Rabu, 29 Januari 2020 sekira pukul 15.2.

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]