Bela Negara Bukan untuk Ikut Perang


Ahad, 01 November 2015 - 19:49:01 WIB

Menurut analisanya, kon­­­sep bela negara yang diusung Menhan berbeda konsep wajib militer seperti di ­Korea Selatan atau neg­ara lain. Faroek bahkan meyakini konsep bela ne­gara tidak untuk men­cip­takan ‘bala tentara’ un­tuk perang. “Saya yakin pe­me­ri­ntah melalui program ini tidak akan membuat pa­sukan bala militer yang disiapkan un­tuk perang,” kata Farouk dalam diskusi ‘Pe­muda dan Bela Negara’ di ka­wasan Cikini, Men­teng, Jakarta Pusat, Ming­gu (1/11/2015).

Farouk menyatakan be­gitu, mengingat kondisi po­litik dan demografi di In­donesia berbeda dengan negara lainnya. Misalnya di Korea Selatan. Mak­sudnya, dalam rentang wak­tu 10 sampai 15 tahun ke depan di Indonesia tidak akan ada ancaman bersifat militer.

“Jadi beda dengan Ko­rs­el dan Korea Utara, misa­lnya,” tegas mantan Guber­nur PTIK tersebut. Contoh lain, seperti ko­n­flik dengan negara tetangga yang sempat memanas ter­jadi di Blok Ambalat be­berapa tahun lalu. Wa­lau­pun, saat itu kapal perang Malaysia me­masuki pe­rairan Ambalat dan sudah berhadapan de­ngan  kapal perang In­do­nesia, tetapi tak sampai menimbulkan pe­rang secara militer.

“Prediksinya tidak akan sam­pai segitu (perang), karena hu­bungan kedua negara tidak akan di­kor­bankan,” kata Farouk.

Farouk juga mengambil con­toh konsep bela negara di Jerman, di mana bela negara dilakukan deng­an menjadi pelayan sipil, se­hingga me­reka merasakan bagai­mana pentingnya ne­gara. Di In­donesia, se­ha­rusnya konsep bela negara juga bisa terlihat di Lem­baga Perta­hanan Na­sional, ketika pelatihan di lem­baga itu selama sepekan, peserta akan paham terkait bela negara maupun nasio­na­lisme.

Untuk itu, Farouk me­nilai, konsep bela negara bukan lagi menjadi porsi Kementerian Per­tahanan saja. Sebab, yang di­ta­na­mkan adalah rasa cinta tan­ah air, bukan latihan ala militer.  (h/trn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM