Dua Jemaah Sumbar Belum Dibolehkan Pulang


Rabu, 04 November 2015 - 19:13:54 WIB

“Keduanya masih dira­wat, Tri Murti Ali masih dalam masa pemulihan pas­ca menjadi korban rubuhnya crane di Masjidil Haram. Informasi dari tim medis, kondisinya belum cukup siap untuk pulang ke Indo­nesia. Tentunya kami tidak bisa memaksakan, begitu­pun keluarga bersangkutan, tidak bisa memaksakan diri untuk membawa jemaah untuk pulang,” ucap Damri Tanjung.

Selain Tri Murti, lanjut­nya, Naumar Sudin asal Kabupaten Padang Paria­man juga masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit di Arab Saudi. Pe­nyakit komplikasi jantung yang dideritanya membuat tim medis belum mereko­mendasikan jemaah asal kloter VIII itu untuk pulang ke tanah air.

Untuk penanganan seca­ra medis, jemaah haji yang masih dirawat terus dipan­tau oleh tim dokter yang telah bersertifikasi inter­nasional. Sehingga, PPIH berharap agar pihak keluar­ga terus berdoa dan tetap mempercayakan pena­nga­nan pasien kepada tim me­dis tersebut.

“Sesuai yang telah diatur dalam undang-undang pe­nye­lenggaraan haji, jemaah yang berhaji kese­lama­tan­nya menjadi tanggung jawab pemerintah sejak kebe­rang­katan hingga kepulangan. Bahkan selama beberapa bulan pasca berhaji juga dipantau kesehatannya,” imbuh Damri.

Apabila nanti telah sem­buh dan dinilai layak untuk terbang, jemaah haji yang masih dirawat akan diter­bangkan pulang ke Indo­nesia menggunakan pener­bangan khusus dan akan diantar hingga ke rumah masing-masing oleh petugas haji.

Selain itu, pihak keluar­ga diminta berhati-hati de­ngan tidak mempercayai pihak-pihak yang mengaku petugas haji dan mem­beri­kan informasi-informasi dengan tujuan mencari ke­untungan. Untuk informasi sendiri, PPIH Sumbar akan terus memberitahu perkem­bangannya kepada pihak keluarga. (h/mg-isq)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]