Bantu Tingkatkan Standar Produk UMK


Senin, 09 November 2015 - 18:20:18 WIB

Tujuan dari penan­da­tanganan Nota Kesepakatan Bersama ini adalah agar pelaku UMK mitra PNM di Indonesia mendapatkan pembinaan standarisasi dan penilaian kesesuaian untuk produk yang dihasilkan se­hingga dapat bersaing di pasar.

Parman Nataatmadja menuturkan nota kese­paha­man yang ditandantangani dengan BSN nantinya akan sangat membantu nasabah bin­aan PNM dari segi pro­duksi dan pemasaran pro­duknya.

“Produk hasil dari pela­ku UMK sering terkendala pada manajemen pe­nge­lolaan bisnis dan kualitas produk yang tidak standar. Menyambut MEA, kami bekerjasama dan komit un­tuk mendampingi pelaku UMK agar dapat memenuhi standarisasi pada produk ciptaannya,” tuturnya.

Tambah Parman, dengan terjalinnya kerjasama de­ngan BSN, dalam waktu yang tidak lama lagi, PNM beren­cana memberikan pem­bi­naan terhadap nasa­bah mitra binaan PNM me­ngenai pe­ne­rapan standar tersebut.

“Produk-pruduk UMK di Indonesia sudah cukup membanggakan, namun un­tuk dapat terjun ke pasar bebas, memang dibutuhkan standar pada semua kualitas produksi dan manajemen pelaku UMKnya.” ujar Par­man.

Sementara itu Kepala Badan Standarisasi Nasi­onal, Bambang Prasetya, menuturkan bahwa BSN senantiasa dan ber­ko­mit­men penuh akan membantu PNM dalam memberikan bimbingan tentang stan­darisasi kepada nasabah binaan PNM.

“Pemberian SNI serta mengembangkan dan pem­binaan standarisasi untuk sebuah produk tertentu te­lah menjadi bidang kami yang harapan kedepannya akan membantu kelancaran bagi usaha PNM serta selu­ruh usaha nasabah binaan PNM,” ujarnya.

Sebagai tambahan in­formasi, hingga saat ini layanan PNM telah me­miliki 62 cabang yang men­jangkau 28 provinsi,  di 296 kabupaten dan menjangkau 2.973 kecamatan.

Hingga  penutupan bu­lan September tahun 2015, PNM telah menyalurkan modal usaha melalui ULa­MM sejak pertama kali ber­diri sebesar Rp15,4 Triliun. Penerima manfaat ULaMM sepanjang tahun 2015 hing­ga September mencapai 247 ribu pelaku UMK.

Mengenai program pem­binaan dan peningkatan kapasitas usaha UMKM, intensitas kegiatan pelatihan dan pendampingan usaha yang dilakukan PNM juga mengalami peningkatan signifikan setiap tahunnya. Selama 2015 hingga bulan September, PNM telah me­laksanakan 179 kali pela­tihan kepada 12.456 pelaku UMK seluruh Indo­ne­sia. (h/ita/*)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 04 Januari 2020 - 23:15:33 WIB

    Di Ambang Perang dengan Amerika Serikat, Iran Mungkin Saja Dibantu Rusia dan China

    Di Ambang Perang dengan Amerika Serikat, Iran Mungkin Saja Dibantu Rusia dan China INTERNASIONAL,HARIANHALUAN.COM-Amerika Serikat membunuh Panglima Garda Revolusi Iran Mayor Jenderal Qassim Sulaimani dalam sebuah serangan pesawat nirawak (drone) ke Bandara Internasional Baghdad, Jumat (3/1). Perintah pembun.
  • Rabu, 11 Desember 2019 - 12:39:37 WIB

    Korsel Mau Bantu Perbaiki Terminal Bus di Indonesia

    Korsel Mau Bantu Perbaiki Terminal Bus di Indonesia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Di sela pertemuan The Fifth Asia-Europe Meeting Transport Minister Meeting (ASEM TMM 5) yang diselenggarakan di Budapest, Hungaria pada 9-11 Desember 2019, delegasi Indonesia melakukan pertemuan bi.
  • Selasa, 11 September 2018 - 18:57:50 WIB

    Aki Bantuan Kementerian Dicuri, Pria Ini Dicuduk Polres Mentawai

    Aki Bantuan Kementerian Dicuri, Pria Ini Dicuduk Polres Mentawai MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM — HT (29) tersangka pelaku pencuri belasan aki power pembangkit sarana desanilasi di Dusun Jati, Desa Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, diciduk Sat Reskrim Polres Mentawai, pada Senin (10/9) di Tu.
  • Selasa, 20 Desember 2016 - 00:48:06 WIB

    Dianiaya Majikan, Pembantu Lapor Polisi

    PADANG, HALUAN — Jejaring media sosial (Medsos) dibuat heboh dengan beredarnya foto seorang pembantu rumah tangga yang penuh luka lebam karena diduga dianiaya majikannya. Kehebohan itu rupanya ber­lan­jut ke ranah hukum. .
  • Rabu, 25 November 2015 - 19:05:57 WIB

    Petani KJA Mendapatkan Bantuan Alat Pemantau Oksigen

    AGAM, HALUAN — Pembudidaya Keramba Jaring Apung (KJA) mendapatkan empat unit bantuan alat Pemantau Suhu Oksigen dan Kekeruhan (Buoy Pluto) air di Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya. Alat pemantau s.


BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM