Rizal Ramli Menteri Disukai Publik


Senin, 09 November 2015 - 18:49:02 WIB

Hasil survei CSIS misalnya menyebutkanMenteri Koor­dina­tor Bidang Kemaritiman Rizal Ramli mendapat poin tertinggi dari masyarakat ketimbang Men­teri Koordinator lainnya, yaitu tingkat kepuasan masyarakat 61,3 persen. Kemudian Rizal Ramli masuk dalam jajaran 5 menteri terbaik versi LSJ.

Indo Barometer mencatat setidaknya ada enam menteri di Kabinet Kerja yang kinerjanya selama satu tahun pemerintahan memuaskan publik. Di dalamnya termasuk Rizal Ramli. Poltrac­king Indonesia pun merilis hasil survei evaluasi publik untuk satu tahun pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla, dimana Rizal Ramli masuk dalam 10 menteri paling populer.

LKP menunjukkan kinerja birokrasi pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam bi­dang pelayanan publik dipersep­sikan membaik. Salah satu yang menarik dari temuan LKP adalah fenomena Rizal Ramli. Terakhir hasil riset nasional Founding Fathers House (FFH) yang me­nem­patkan posisi lima menteri paling dikenal masyarakat.

Mengapa Rizal Ramli begitu cepat populer di kalangan men­teri Kabinet Kerja?. Menurut Anggota Komisi II DPR Frans Agung Mula Putra, publik suka terhadap Rizal Ramli karena berbicara apa adanya dan suka blak-blakan. “Beliau berbicara berdasarkan fakta dan data yang sebenarnya. Dan publik me­nyukai gaya beliau,” kata politisi Hanura itu.

Mantan Wakil Ketua DPD RI, Laode Ida menilai bahwa Rizal Ramli sudah sejak awal dikenal kritis, pro rakyat dan pro penyelenggara pemerintah yang bersih dan bebas kepentingan subjektif untuk bisnis pribadi.

Gebrakannya saat usai dilan­tik menjadi menteri yang menge­ritik dua kebijakan pemerintah yakni proyek energi dan kereta cepat Jakarta-Bandung membuat publik kaget dan mata terbelalak. “Dalam kasus ini, rakyat menyak­sikan figur Rizal Ramli dalam dua sisi sekaligus yakni pertama figur yang konsisten bersikap kritis dan kedua melawan arus dari dalam,” kata Laode Ida kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (9/11).

Pada saat itulah, kata dia, banyak masyarakat yang menyu­kainya dan sekaligus kian me­nambah popularias Rizal Ramli. Penilaian masyarakat seperti itu juga sebenarnya sekaligus meng­ekspresikan keinginan rakyat bangsa ini untuk menampilkan sosok-sosok penyelenggara ne­gara yang kritis dan berani secara terbuka berseberangan dari da­lam tim, sekaligus berani me­ngambil risiko sebagai akibatnya.

Peneliti Formappi, Lucius Karus menilai kehadiran Rizal Ramli menambah warna Kabinet Kerja Jokowi-JK, karena kete­gasan dan keberaniannya. “RR (Rizal Ramli –red) itu orang yang berani membongkar ber­bagai praktik tak terpuji dari peme­rintahan ini. Dan itu yang mem­buat publik senang,” katanya.

Lucius mengatakan, selama ini publik sudah melihat banyak praktik ketidakadilan dan pe­nyimpangan dalam kabinet Jokowi-JK. Para menteri lain seperti menutup mata. Kehadiran RR memuaskan rasa dahaga publik dan itu yang membuat publik senang. (h/sam)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 11 Desember 2019 - 17:16:52 WIB

    Maderizal Awali Reses Perdana Anggota DPRD Bukittinggi

    Maderizal Awali Reses Perdana Anggota DPRD Bukittinggi BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Anggota DPRD Kota Bukittinggi dari Fraksi Demokrat Maderizal, awali reses perdana anggota DPRD Kota Bukittinggi periode 2019-2024, Masa Sidang I Tahun 2019..
  • Ahad, 24 November 2019 - 11:45:27 WIB

    Dipinang Irjen Fakhrizal, Genius Umar: Persiapan Administrasi Sudah 95 Persen

    Dipinang Irjen Fakhrizal, Genius Umar: Persiapan Administrasi Sudah 95 Persen PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Maju dengan Irjan Pol Fakhrizal, Genius Umar siap berkompetisi di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumbar 2020 mendatang tidak hembusan semata, bahkan saat ini persiapan administrasi pencalonan perseo.
  • Rabu, 20 November 2019 - 18:54:28 WIB
    Hari ini, Kapolda Sumbar Dampingi Kapolri di RDP Komisi III DPR RI

    Dituding Deklarasi Maju Cagub, Fakhrizal: Saya Patuh Apapun Keputusan Pimpinan

    Dituding Deklarasi Maju Cagub, Fakhrizal: Saya Patuh Apapun Keputusan Pimpinan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Komisi III DPR RI gelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kapolri Rabu (20/11). Rapat memanas saat Komisi III menuding Kapolda Sumbar Irjen Pol Fakhrizal deklarasi maju Cagub Sumbar di Pilkada 20.
  • Rabu, 20 November 2019 - 16:15:36 WIB

    Fakhrizal-Genius Umar Sah Jadi Paslon Independen

    Fakhrizal-Genius Umar Sah Jadi Paslon Independen PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Teka-teki siapa pasangan Irjen Pol Fakhrizal Calon Gubernur (Cagub) perseorangan alias independen untuk Pilkada Gubernur Sumbar 2020 terjawab sudah..
  • Senin, 18 November 2019 - 20:41:19 WIB

    Rizal Ramli: Ahok Sama Mafia Bakalan Cincay

    Rizal Ramli: Ahok Sama Mafia Bakalan Cincay JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli tidak yakin dengan kinerja Ahok jika diangkat menjadi pimpinan di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN)..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM