Kerajinan Tangan Dorong Ekonomi Kerakyatan


Selasa, 10 November 2015 - 19:34:08 WIB
Kerajinan Tangan Dorong Ekonomi Kerakyatan

“Melalui  pelatihan ini, diharapkan masyarakat  bisa lebih kreatif dan mampu menggunakan waktu luang membuat ber­bagai kerajinan dengan bahan-bahan yang ada di sekitar lingkungan rumah. Kalau hasilnya bagus dan menarik, tentu bisa dijadikan  sumber pendapatan baru. Namun demikian, melalui pelatihan ini yang ter­penting itu membentuk keyakinan wirausaha dan krea­tivitas masyarakat,” sebut Arfan

Baca Juga : Australia Bakal Buka Kebun Ganja Terbesar di Queensland

Kepala Bidang Industri  Diskoperindag dan UMKM Padang Panjang, Jevie C Eka Putra menyebutkan, pelatihan yang diberikan oleh 6 orang tenaga tenaga profesional dosen jurusan Seni Kriya Institut Seni Indonesia ( ISI ) Padang Panjang ini  bertujuan untuk     menciptakan daya saing masyarakat dalam menyikapi krisis global ekonomi.

“Kita berharap dengan tentang waktu yang cukup panjang ini dapat meng­hasilkan keterampilan bagi kelompok masyarakat menciptakan produk ke­rajinan tangan bernilai  jual sebagai salah satu solusi mengatasi krisis ekonomi global saat ini,” ujar Jevie usai membuka kegiatan tersebut.

Baca Juga : Begini Kisah Pria yang Bebas Setelah Dipenjara Selama Hampir 70 Tahun

Pemateri pertama dari ISI Padang Pan­jang, Amrizal  menyebutkan keterampilan  handy craft sangat bermanfaat bagi ma­syarakat sebagai  peluang usaha tanpa harus pusing memikirkan modal besar. Dosen Jurusan Kriya dari kampus seni itu me­ngatakan, modalnya hanya kemauan dan limbah tak terpakai.

Handy craft kuncinya terletak pada kemauan dan tingkat kreativitas personal. Tanpa modal banyak dan hanya me­manfaatkan limbah atau bahan sisa pakai yang  diolah menjadi produk seni,  akan bisa  mendatangkan uang jika mampu me­ngo­lahnya menjadi suatu produk berbentuk souvenir serta peralatan interior. Seperti materi yang akan kami berikan. Dengan demikian peserta nantinya bisa men­ciptakan produk hanya memanfaatkan sisa potongan kayu, kulit, tembaga, kain dan sebagainya yang sudah tidak terpakai,” tutur Amrizal.( h/one)

Baca Juga : Pangkalan Militer AS di Irak Dihantam Roket, 5 Orang Dilaporkan Luka-luka

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]