Musim Hujan Tiba, Siap-siap Bencana!


Kamis, 12 November 2015 - 19:35:29 WIB
Musim Hujan Tiba, Siap-siap Bencana!

Betapa kagetnya Pj Gubernur Donny Moenek, ternyata pada lahan itu terdapat banyak rumah tidak layak huni. Lingkungannya pun kumuh. Agar musibah serupa tidak terjadi lagi di Kota Bukittinggi, Donny pun mengusulkan  kepada Pemko Bukittinggi membangun rusun sewa (rusnawa). Dengan begitu masyarakat  yang berlatar ekonomi pas-pasan itu bisa hidupnya lebih baik, teratur dan pola hidupnya sehat. Untuk Sumbar, baru ada dua kota yang memiliki rusunawa, yakni Kota Padang dan Kota Sawahlunto.

Baca Juga : Elektabilitas Capres Oposisi, Gatot & Rocky Gerung Tertinggi

Sedangkan dalam dua hari belakangan, musibah banjir dan tanah longsor terjadi di Kota Padang tepatnya  di kawasan By Pass dan Sitinjau Lauik. Berikutnya banjir dan tanah longsor juga terjadi kawasan Kambang, Lengayang Pessel dan sekitarnya. Ada 1.000 lebih kepala keluarga yang terisolasi, karena tebing bukit menuju perkampungan mereka longsor sehingga jalan putus pada beberapa titik.

Tanah longsor juga terjadi di Jalan Raya Bukittinggi-Lubuk Sikaping Pasaman, tepatnya di kawasan Palupuh. Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Agam dan sekitarnya mengakibatkan terjadinya longsor di kawasan Palupuah, tepatnya di Kilometer 19 Jorong Mudiak Kenagarian Koto Rantang Kecamatan Palupuh Agam, Senin (9/11). Material longsor terdiri dari tanah, bebatuan dan pepohonan sepanjang 30 meter.

Baca Juga : THR Pekerja Wajib Dibayar H-7 Lebaran

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Bambang Warsito, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat kejadian ini, karena saat kejadian tidak ada kendaraan yang melintas di kawasan longsor tersebut.

Selanjutnya musibah banjir juga terjadi di beberapa titik di Kabupaten Dharmasraya. BMKG memprediksi bahwa musim hujan masih terus berlanjut dan bahkan intesitasnya akan terus meningkat. Puncak musim hujan ada pada bulan Januari dan Februari 2016.

Baca Juga : Tertarik Beasiswa LPDP, Ini Syarat dan Cara Pendaftarannya

Sebenarnya nyaris seluruh daerah di Sumatera Barat yang rawan bencana alam, baik musibah banjir  atau pun tanah longsor. Namun hingga kemarin memang baru Kota Padang, Bukittinggi, Agam, Pessel dan Dharmasraya yang terkena banjir dan longsor. Namun mengingat musim hujan belum pada puncaknya dan diperkirakan intesitasnya akan terus meningkat sampai Januari-Februari 2016. Karena itu, daerah-daerah lain di Sumbar mesti waspada, seperti Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Pasaman Barat, Lima­puluh Kota , Tanah Datar, Kota Solok, Kota Sawahlunto dan Kabupaten Sijunjung.

Kita mesti sadar dan paham, bahwa sebagian besar wilayah Sumbar  sangat rawan terkena bencana. Karena memang kondisi alamnya yang berbukit-bukit, lembah dan sungai besar serta kecil. Warga meski memiliki antisipasi yang baik dan tetap siaga ketika tiba-tiba terjadi bencana alam. Kesiapan tersebut dapat memi­nimalisir berbagi kemungkinan yang dapat terjadi akibat bencana alam. **

Baca Juga : Aa Umbara Tersangka, Hengky Kurniawan Ditunjuk Jadi Plt Bupati

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]