Bareskrim Gerebek Pabrik Uang Palsu


Jumat, 13 November 2015 - 19:27:19 WIB

“Pelaku yang kami tang­kap di lokasi dan sudah kami tetapkan sebagai ter­sang­ka atas nama Bambang Irawan,” ujar Agung melalui pesan singkat kepada Kom­pas.com, Jumat (13/11/2015).

Tindakan penyidik itu, diawali laporan masyarakat yang masuk pada 10 Novem­ber 2015, tentang ditemu­kan­nya uang palsudalam jumlah besar di Bank BCA Pasar Baru, Jakarta Pusat. Penyidik kemudian me­ngem­bangkan laporan itu hingga akhirnya dilakukan penggerebekan dan penang­kapan. Di lokasi, penyidik mengamankan 315 lembar rupiah palsu pecahan Rp50.­000, seperangkat kom­­pu­ter, tiga unit printer, peralatan sablon, tinta serta beberapa peralatan khusus yang digunakan untuk men­cetak uang tersebut.

Untuk Pilkada

Sa­lah satu penyidik di sub­­­direktorat tersebut me­nga­­­takan, pelaku sudah be­ro­­perasi sejak tahun 2011. Dia bekerja berdasarkan pe­sanan pihak-pihak ter­ten­tu. “Jadi ada yang pesan Rp10 juta pecahan berapa, dia buat. Lalu ada yang pesan lagi Rp15 juta, lalu dia buat,” ujar penyidik terse­but.

Ia membenarkan bahwa pesanan tersebut terkait pemilihan kepala daerah. Menurut dia, menjelang pilkada, peredaran uang palsu meningkat. Dalam menjalankan aksinya, pela­ku tidak bekerja sendirian. Saat ini, pelaku sudah dita­han di Rumah Taha­nan Ba­res­krim Polri dan diambil keterangannya. Penyidik masih memburu rekan pela­ku. Atas tindakannya, Bam­bang dikenakan Pasal 244 KUHP dan atau Pasal 36 ayat (1) Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2011 ten­tang Mata Uang. (h/trn)







Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 29 Mei 2019 - 20:09:42 WIB

    Dalam Sehari, Kivlan Zen Diperiksa di Bareskrim dan Polda Metro Jaya 

    Dalam Sehari, Kivlan Zen Diperiksa di Bareskrim dan Polda Metro Jaya  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Dua kali pemeriksaan dijalani Kivlan Zen, Rabu ini (29/5/2019. Peratama,  diperiksa di  Badan Reserse Kriminal Polri sebagai  tersangka kasus dugaan penyebaran berita bohong dan makar, dan yang ked.
  • Jumat, 19 April 2019 - 01:20:13 WIB

    Sejumlah Lembaga Survei Dilaporkan ke Bareskrim

    Sejumlah Lembaga Survei Dilaporkan ke Bareskrim JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah lembaga survei dilaporkan ke Bareskrim Polri karena mengumumkan hasil hitung cepat atau quick count Pilpres 2019. Lembaga survei ini dipolisikan terkait dugaan tindak pidana kebohongan pub.
  • Jumat, 23 Oktober 2015 - 19:19:48 WIB

    Kabareskrim Tidak Merasa Diintimidasi

    TANGANI KASUS PELINDO II

    JAKARTA, HALUAN — Kabareskrim Komjen Anang Iskandar mengaku dirinya sama sekali tidak merasa diintimidasi dalam menangani p.

  • Rabu, 16 September 2015 - 19:27:44 WIB

    Bareskrim Siap Serahkan BW ke Kejaksaan

    KUASA HUKUM SUDAH TERIMA SURAT

    JAKARTA, HALUAN — Pe­­nyidik Bareskrim Polri dikabarkan akan segera me­nyerahkan Wakil Ketua no­n­­­aktif Komisi Pem­be­ran­tasan Korupsi.

  • Kamis, 03 September 2015 - 20:07:47 WIB

    Anang Jabat Kabareskrim, Buwas ke BNN

    Didahului dengan isu, mutasi Kepala Badan Reserse Kriminal Polri terjawab.  Job bintang tiga itu kerap digoyang sebelu.


KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM