Harga Ikan Kering Melambung


Ahad, 15 November 2015 - 19:20:22 WIB

Pedagang yang menjual ikan kering biasanya men­dapat pasokan dari berbagai daerah, seperti Medan, Pa­lembang, dan untuk daerah lokal berasal dari Pesisir selatan.

Harga ikan kering yang ada di  pasaran naik mulai dari Rp10.000 sampai Rp­20.000 per Kilogram (Kg), salah satu pedagang ikan kering Adel (28) me­nga­takan kenaikan ikan kering ini sudah terjadi sekitar dua minggu.

“Kondisi seperti ini di­picu karena cuaca buruk sehingga pasokan ikan dari nelayan ke pedagang sedikit berkurang,” katanya.

Ikan kering seperti Teri naik dari harga Rp60.000 menjadi Rp70.000/Kg. Ke­naikan yang cukup tinggi terjadi pada ikan siam yang sebelumnya Rp130.000/Kg sekarang menjadi Rp­150.­000/Kg.

Pembeli sedikit me­nge­luh karena kenaikan harga harga seperti ini. Salah satu pembeli Putri meng­ung­kapkan kenaikan seperti ini membuat pembeli menjadi kesulitan karena kebutahan pokok yang lain juga me­ngalami kenaikan.

“Karena berbagai harga sembako naik, jadi kami harus bisa mengatur ke­uangan agar tidak tekor dalam memenuhi ke­butu­han rumah tangga,” ung­kapnya.

Meskipun lonjakan har­ga terjadi pada sebagian besar ikan kering, tetapi harga teri medan relative tidak naik. Harga teri medan tetap berada pada level Rp­100.000/kg.(h/mg-bay)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM