Nagari Diminta Realisasikan Dana Desa


Senin, 16 November 2015 - 19:39:18 WIB
Nagari Diminta Realisasikan Dana Desa

Dikatakannya, hingga saat ini 12 kabupaten dan dua kota penerima dana desa sudah merealisasikan dana tersebut. Ada yang telah mencapai 100 persen, namun ada juga yang masih di angka 80 persen. “Rata-rata sudah 80 persen. Tapi ada juga yang kita dapat laporan via telepon, jika sudah ada yang mencapai 100 persen,” paparnya.

Baca Juga : Leonardy Harmainy Tanggapi Aspirasi Masyarakat Nagari Campago Mengenai Pembangunan Stadion Mini

Untuk tahap III kata Syafrizal, masih ada sekitar 20 persen lagi dana desa yang nantinya akan dikirim ke kas nagari penerima dari total anggaran yang dialo­kasikan. Dana tahap III ini bisa digunakan setelah dana tahap I dan II tuntas dila­kukan.

Disebutkannya, secara umum pelaksanaan dana desa di Sumbar tidak ada masalah. Hal ini dika­rena­kan sejak awal pelaksanaan program, juga telah dilaku­kan persiapan berbagai me­kanisme pelaksanaan, pe­laporan dan pengawasan.

Baca Juga : Serap Aspirasi, Wabup Sabar AS Wacanakan Berkantor di Tiap Kecamatan

“Hingga saat ini semua­nya lancar, tidak ada ken­dala yang berarti di lapa­ngan. Rata-rata untuk sera­pan per kegiatan itu Rp30 juta. Jadi, untuk serapan semua sudah sesuai,” ung­kapnya.

Penyaluran dana desa ini sendiri dilakukan tiga tahap. Tahap pertama pada Mei 2015 sebesar 40 persen. tahap II pada Agustus sebe­sar 40 persen dan terakhir tahap III sebesar 20 persen pada akhir November 2015 ini. Di Sumbar, sedikitnya terdapat 880 nagari dan desa, yang men­dapatkan Rp300 juta per nagari/desa. (h/mg-isr)

Baca Juga : Antisipasi Balap Liar, Polres Padang Panjang Sweeping Jalan

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]