KPU Bukittinggi Kekurangan 566 Lembar Surat Suara Pilgub


Senin, 16 November 2015 - 19:40:46 WIB
KPU Bukittinggi Kekurangan 566 Lembar Surat Suara Pilgub

“Penyortiran dan peli­patan surat suara itu ber­langsung pada tanggal 13 hingga 15 November 2015 kemaren, yang dilakukan oleh personil di internal KPU, yang diawasi langsung oleh Panwaslu Bukittinggi, serta pengamanan terbuka dan tertutup dari jajaran Polres Kota Bukittinggi,” ujarnya.

Baca Juga : Duet Nan Tuo dan Nan Mudo Pimpin Limapuluh Kota Lima Tahun ke Depan

Selama penyortiran dan pelipatan surat suara itu sambung Heldo Aura, rua­ngan KPU Kota Bukittinggi dalam kondisi steril dari pihak lain kecuali petugas yang ditujuk, Panwaslu, serta pihak kepolisian.

“Dari hasil penyortiran dan pelipatan surat suara ini, ditemukan 456 lembar surat suara yang rusak, se­perti adanya bercak tinta, garis batas gambar pasangan calon terputus, serta gambar pasangan calon yang tidak jelas,” terangnya.

Baca Juga : Rakor Kada di Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen

Heldo Aura menam­bahkan, rincian jumlah su­rat suara yang diterima se­belum disortir berjumlah 74.369 lembar. Namun sete­lah dilakukan penyortiran dan pelipatan, ditemukan surat suara yang rusak seba­nyak 456 lembar. Ini ber­arti, surat suara dalam kon­disi baik hanya 73.803 lem­bar. Aki­bat kerusakan itu, surat suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gu­bernur Sum­bar mengalami kekurangan sebanyak 566 lembar.

Heldo Aura megatakan, KPU Kota Bukittinggi akan melaporkan kerusakan dan kekurangan surat suara itu pada pihak KPU Provinsi Sumatera Barat, sehingga proses penggantiannya bisa berlangsung cepat, me­ngi­ngat jadwal Pilkada serentak ha­nya tinggal beberapa ming­gu lagi.

Baca Juga : Eka Putra-Richi Aprian Dilantik Jadi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, Siapa Mereka?

“Untuk surat suara pe­mi­lihan walikota dan wakil walikota, penyortiran dan pelipatannya dilakukan tang­gal 19 hingga 21 No­vember 2015 mendatang. Jumlah surat suara untuk pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bukittinggi itu sama dengan suara pe­milihan Gubernur dan wa­kil Gubernur Sumatera Barat,” jelasnya. (h/wan)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]