Tiga Orang Tidak Layak Dipilih


Selasa, 17 November 2015 - 19:08:21 WIB

Masyarakat Peduli Pelayanan Publik (MP3) merupakan gabungan dari YAPPIKA, ICW, PSHK, IPC, PATTIRO, FITRA, IBC dan KPI. MP3 telah membuat tiga kategori calon yaitu yang direkomendasi, dapat dipertimbangkan, dan tidak direkomendasikan.

“Kategori itu kami simpulkan dari hasil tracking,” imbuh Alfi yang menjabat sebagai koordinator tracker di YAPPIKA. Senada dengan pernyataan Alfi, Febri Hendri dari ICW juga menambahkan bahwa kategori yang tidak direkomendasikan terkait kasus KDRT, berseberangan dengan gerakan antikorupsi dan politisi.

“Kita butuh Ombudsman yang independen dari berbagai kepentingan politik,” tegas Febri.

Febri menambahkan calon yang direkomendasikan memiliki kriteria berpengalaman dan memiliki kompetensi dalam memperkuat Ombudsman, turut membangun pelayanan publik bermutu dan punya kemampuan dalam membangun kerjasama antar­lembaga negara. Sedangkan untuk calon yang di­pertimbangkan, tidak memiliki rekam jejak yang buruk namun pengalaman dan kompetensinya belum teruji.

“Dari 18 nama ini kalau mengacu 3 kategori calon tadi ada dari 10 calon yang kita rekomendasikan 8 lolos, yang dapat dipertimbangkan ada 7, yang tidak direkomendasikan ada 3,” terang Alfi.

Kini, 18 nama calon anggota ORI tersebut ada di tangan presiden. Sesuai dengan UU No 37 tahun 2008 tentang Ombudsman RI, presiden harus mengajukan 18 nama calon anggota ORI kepada DPR paling lambat 15 hari setelah nama calon tersebut diberikan oleh pansel. “DPR juga harus memilih dan menetapkan 9 calon yang terdiri dari ketua, wakil ketua, dan anggota ORI paling lambat 30 hari kerja setelah diterimanya nama calon yang diajukan oleh presiden,” terang Alfi. (h/dtc)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM