OC Kaligis Dituntut 10 Tahun Penjara


Rabu, 18 November 2015 - 19:41:58 WIB

Pertimbangan yang mem­­beratkan, Kaligis dini­lai berbelit-belit dalam mem­berikan keterangan, tidak mengakui per­bua­tannya, tidak merasa me­nyesal, sebagai advokat pe­negak hukum tidak me­nun­jukkan taat kode etik pro­fesi advokat, dan mer­u­pa­kan intelektual tapi tidak mem­berikan contoh yang baik dalam penegakan hu­kum.

“Sementara yang me­ri­ngankan adalah terdakwa sudah berumur 74 tahun dan telah menulis buku-buku hukum yang ber­man­faat untuk hukum di In­donesia,” kata Jaksa Yudi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Raya, Ke­mayoran, Jakarta Pusat, Rabu (18/11/2015).

Jaksa Yudi sambil mem­bacakan tuntutan, meminta Majelis Hakim yang me­meriksa dan mengadili per­kara ini menjatuhkan amar putusan dengan menyatakan ter­dakwa Otto Cornelis Kaligis terbukti secara sah dan me­yakinkan mela­ku­kan tindak pidana korupsi.

“Meminta majelis ha­kim menjatuhkan pidana berupa penjara selama se­puluh tahun dikurangi masa tahanan dan denda sejumlah Rp 500 juta subsider empat bulan kurungan,” kata Jaksa Yudi.

JPU menilai OCK ter­bukti melanggar pasal 6 ayat 1 huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pem­­berantasan Tindak Pi­dana Korupsi (Tipikor) juncto pasal 55 ayat 1 ke-1 juncto pasal 64 ayat 1 KUHPidana, sebagaimana dakwaan pertama.

Seperti diketahui, saat ini pengacara gaek tersebut berusia 73 tahun, sehingga bila ditambah tuntutan jaksa usianya sekitar 83 tahun

“Saya mohon per­tim­ba­nganya, semoga umur saya bisa 85 tahun. Mungkin usia 80 tahun tuhan panggil saya,” kata Kaligis dalam persidangan di Pengadilan Tipikor. Menurutnya, tun­tutan yang dibuat Jaksa Penuntut Umum pada KPK lebih banyak memasukkan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) saksi, ia menilai, fakta persi­dang­an cende­rung diabai­kan. (h/trn)

loading...

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]