Selama Tahun 2015, 10.000 Babi Hutan Dibunuh


Ahad, 22 November 2015 - 19:25:55 WIB
Selama Tahun 2015, 10.000 Babi Hutan Dibunuh

Hadir dalam acara terse­but Wakil Ketua Umum Porbi Padang Pariaman, H. Ali Mukhni dan para pe­ngurus Porbi diseluruh ke­ca­matan yang ada di Padang Pariaman. Banyak babi hu­tan yang dibunuh oleh para pecandu buru babi, karena di setiap kecamatan yang ada di Padang Pariaman, dilaksanakan buru babi. “Selain hari JUmat, acara buru babi selalu digelar di Padang Pariaman,” ujar Maymuspi.

Baca Juga : Duet Nan Tuo dan Nan Mudo Pimpin Limapuluh Kota Lima Tahun ke Depan

Dicontohkan, di keca­matan V Koto Timur ma­sing-masing nagari me­mi­liki pengurus Porbi yang melaksanakan kegiatan bu­ru babi hampir setiap hari. Seperti Porbi Nagari Limau Purut melaksanakan buru babi setiap hari Senin, Porbi Nagari Gunung Padang Alai setiap hari Rabu dan Porbi Nagari Kudu Ganting setiap hari Kamis dan Porbi keca­matan setiap hari Minggu.

“Kalau diperkirakan se­tiap acara buru babi ber­hasil mem­bunuh babi hutan 2 ekor hingga 4 ekor, maka da­lam satu tahun setiap ke­ca­matan telah berhasil mem­bu­nuh 500 ekor hingga 600 ekor babi  hutan setiap ta­hun­nya,” jelas Maymuspi. Pa­dang Pariaman terdiri da­ri 17 Kecamatan yang kese­lu­ruhan rutin melak­sanakan bu­ru babi. “jadi anggka 10.000 ekor babi hutan yang dibunuh meru­pakan per­kiraan angka yang paling ren­dah, karena pada acara bu­ru babi ada yang berhasil membunuh babi hutan hing­ga 40 ekor pada satu kali penggelaran,” te­rang­nya.

Baca Juga : Rakor Kada di Sumbar, Gubernur Apresiasi Daerah dengan Capaian Vaksinasi 100 Persen

Dikatakan, hama babi hutan ini lebih ganas dari tanaman lainya. Karena ba­bi hutan musuh dari seluruh tanaman petani. “Hama tu­pai hanya menyerang tana­man yang telah berbuah, sedangkan hama babi me­nye­rang tanaman sejak mu­lai ditanaman hingga ber­buah,” katanya. Hasil dalam Raker tersebut, Porbi Pa­dang Pariaman mere­ko­men­dasikan pada Peme­rintah Padang Pariaman, untuk membantu pengang­garan Porbi dalam APBD Padang Pariaman 2016. (h/ded)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]