Padang Panjang Kembali Terima Bantuan Sapi Perah


Ahad, 22 November 2015 - 19:27:06 WIB
Padang Panjang Kembali Terima Bantuan Sapi Perah

“Kota Padang Panjang merupakan sentra sapi pe­rah. Bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat itu sudah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir,” ujarnya.

Baca Juga : Sebanyak 27.419 Orang di Sumbar Telah Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Sapi perah yang akan diterima Padang Panjang pada 2015, merupakan sapi impor dari luar negeri se­banyak 100 ekor dan 27 ekor lagi sapi lokal dari Pulau Jawa.

Chandra mengung­kap­kan, sapi yang sudah sampai di Padang Panjang itu dipe­lihara oleh kelompok tani dan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Ke­se­hatan Hewan (Pus­kes­wan).

Baca Juga : Kasus Positif Corona di Sumbar Bertambah, Total 29.098 Kasus

“Saat ini kita telah me­miliki 281 ekor sapi perah, 60 persen di antaranya su­dah bisa menghasilkan susu murni sebanyak 900 sampai 1.200 liter perhari. Sapi perah itu akan dipelihara oleh delapan kelompok tani yang ada di Padang Panjang sebanyak 87 ekor dan se­lebihnya di Puskeswan,” terangnya.

Chandra menerangkan, kategori sapi yang bisa mem­produksi susu dengan diperah tersebut berumur dua tahun ke atas dan mak­simal berumur lima sampai enam tahun.

Baca Juga : Hijab Bukan Halangan bagi Perempuan untuk Belajar Diving

“Sapi yang bisa meng­hasilkan susu tersebut ada­lah sapi dalam keadaan setelah melahirkan, dan bisa berproduksi selama satu tahun ke depan,” ka­tanya.

Peternak sapi perah di Kota Padang Panjang, Rid­wan, mengucapkan terima kasih atas perhatian peme­rintah setempat selama ini terhadap peternak sapi pe­rah.

Baca Juga : Merespon Harapan Masyarakat Cimpago Selatan, Leonardy Harmainy Upayakan Pembangunan dari APBD

“Dalam pengembangan sapi perah, Pemko Padang Panjang sudah cukup ba­nyak memfasilitasi peter­nak, baik dari sarana mau­pun bantuan sapi itu sen­diri,” ungkap Ridwan. (h/mg-pis)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]