Pemko Payakumbuh Jalin Kerja Sama dengan BTN


Ahad, 22 November 2015 - 19:38:55 WIB
Pemko Payakumbuh Jalin Kerja Sama dengan BTN

 

Kacab BTN Sumbar, Zulmarwan, mengatakan, program sejuta rumah yang dilakukan dua  tahun belakang di Payakumbuh, terbilang sukses diban­ding kota dan kabupaten lainnya di Sumatera Barat. Kota ini, dinilai punya kepedulian sangat tinggi dalam mengaplikasikan program Pemerintahan Presiden Joko Widodo,  karena ditunjang dengan  pertumbuhan ekonominya cukup menggeliat.

Baca Juga : Leonardy Harmainy Dt. Bandaro Basa, S.IP., MH Sambut Aspirasi Masyarakat Campago Barat

“Hanya dalam setahun, program sejuta rumah ini di Payakumbuh, dibuktikan dengan dibangun­nya 1.000 rumah lebih di lima kecamatan di Kota Pa­yakumbuh. Kepala BTN  juga mengapresiasi, peri­zinan pe­rumahan yang diajukan pengembang sangat lengkap. “Kita sangat senang melayani kota ini,” ujarnya.

Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi dalam sambutannya menyebut, rumah merupakan kebu­tuhan dasar bagi setiap keluarga. Karena itu, pemko sangat konsen dalam memberikan pelayanan kepada warga kota dan PNS. “Kita merasakan, betapa bahagianya memiliki rumah BTN, meski sebatas type 36,” ujarnya, saat membeli rumah pertama di Kota Bandung, sebelum menjabat kepala daerah.

Baca Juga : Agar Tepat Sasaran, Dinsos Pessel Mutakhirkan Data Fakir Miskin

Menurut dia, berdasarkan data yang dilakukan SKPD terkait, di Payakumbuh masih banyak PNS golongan III ke bawah yang belum memiliki rumah. Sementara itu, warga kota berpenghasilan rendah pun, juga  banyak yang tinggal di rumah sewaan. Karenanya, program pembangunan sejuta rumah yang difasilitasi BTN ini, diminta  walikota dapat dikerjakan dengan kualitas yang dapat di­per­tanggungjawabkan oleh rekanan pengembang.

Walikota juga memerintahkan pihak Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP), untuk melayani perizinan dengan baik. Terhadap fasilitas penunjang dalam pem­bangunan perumahan, pemko  bersama DPRD akan menyediakan dana APBD untuk membangun infrastruktur di komplek perumahan dimaksud. Termasuk pelayanan air bersih PDAM dan memfasilitasi penyediaan listrik PLN. “Sehingga di penghujung kepemimpinannya sebagai kepala daerah, tak banyak lagi PNS dan warga kota yang tak punya rumah sendiri,” sebutnya. (h/zkf)

Baca Juga : Aset KPN Agam Capai Rp39 Miliar Lebih, Andri Warman: Beri Kebaikan Untuk Seluruh Anggota

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]