Warga Bungus Keluhkan Limbah Krematorium HTT


Kamis, 26 November 2015 - 19:00:43 WIB
Warga Bungus Keluhkan Limbah Krematorium HTT

Hal yang sama juga ditegaskan Syamsuar (63). Ia menegaskan, sudah lama masyarakat di sana menge­luhkan keberadaan krematorium itu, tetapi menurut pemahamannya tempat pembakaran itu dikuasai orang-orang kuat.

Baca Juga : 1 Hektare Sawah di Gurun Laweh Padang Rusak Akibat Diserang Hama Wereng

Sebelumnya DKP  Kota Padang kepada wartawan mengakui pihaknya telah menerima laporan dan pengaduan tokoh masyarakat terkait keber­ada­an krematorium  itu yang disebutkan berlimbah, bau dan mengeluarkan asap.

“Segera berkoordinasi dengan SKPD terkait untuk menindaklanjuti keluhan warga Bungus atas pengo­perasian krematorium di daerah tersebut,” ujar Kepala DKP Padang, Afrizal.

Baca Juga : Hendri Septa Lepas 30 Pejabat Eselon III Pemko Padang Ikuti Pelatihan Kepemimpinan Administrator

Ia pun mengakui krematorium tersebut tidak ada izinnya dan berdiri di lahan pemerintah. “Itu semua akan segera ditindaklanjuti,” tegasnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Padang Wahyu Iramana Putra yang sudah melakukan kunjungan ke sana juga menemukan sejumlah kejanggalan terkait izin dan pencemaran lingkungan akibat pembakaran jenazah.

Baca Juga : PLTU Teluk Sirih Disiapkan Pemko Padang untuk Ketersediaan Energi Listrik Bagi Investor

Sementara Hoff Komisaris Kepala Himpunan Tjinta Teman (HTT) Padang, Albert Lukman yang dihubungi beberapa waktu lalu mengatakan, bagi masyarakat yang mengeluhkan krematorium tersebut silahkan sampaikan ke pihak HTT.

Menurutnya, lazimnya krematorium memang berada tempat pemakaman umum (TPU). Milik HTT berada di TPU Bungus. Tentu saja berada di lahan pemerintah yang notabene mengelola TPU.

Baca Juga : Jadwal Shalat untuk Kota Padang dan Sekitarnya Minggu 28 Februari 2021

“Soal izin, selama ini memang belum ada Perda Krematorium. Yang ada, hanya berdasarkan kebijakan walikota terkait TPU. Jika memang ada polusi, silahkan sampaikan kepada kami,” tuturnya. (h/nov)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]