Eks Manajer Timnas PSSI Asal Sumbar Wafat


Kamis, 26 November 2015 - 19:08:21 WIB
Eks Manajer Timnas PSSI Asal Sumbar Wafat

“Beliau Andrie Amin Rabu saja tiba di Pa­garuyung pada pukul 19.30 WIB. Ia datang untuk musyawarah rencana pele­takan batu per­tama pem­bangunan ru­mah ga­dang kaumnya, yakni ka­um Da­tuak Rajo Batuah di P­a­garuyung. Untuk acara itu nanti, sekitar 40 orang tamu kami datang dari Ma­laysia. 32 kamar hotel telah kami persiapkan untuk itu, ren­cana agenda itu akan dilak­sanakan Sabtu besok,” sebut Masri Amir keluarga besar almarhum kepada Haluan mengatakan.

Baca Juga : Dinilai Melanggar Prokes, Pertandingan Koa Dibubarkan Polisi

Almarhum adalah adik kandung dari Aminuzal Amin, salah seorang pe­ngusaha sukses di Jakarta asal Pagaruyung. Almar­hum Andrie Amin me­ning­galkan seorang istri ber­nama Marta. Sebelum di­makamkan, jenazah Andrie disemayamkan di rumah duka Kampung Tangah, Pa­garuyung. Selanjutnya di­kebumikan di pandam per­kuburan kaum di Padang Tan, Kampung Tanjung Alai Jorong Gudam Nagari Pa­garuyung, Tanah Datar. Je­nazah almarhum disha­lat­kan di Masjid Al Amin Pagaruyung. Ratusan pela­yat turut menyolatkan dan mengiringi hingga pema­kaman. Proses pe­me­kaman tuntas sekitar pukul 16.30 WIB

Tokoh masyarakat Ta­nah Datar, yang juga ke­luarga almarhum, Effendi Amir tampak tak sanggup menyembunyikan rasa du­kanya. Matanya berkaca-kaca dan sembab saat me­nya­mbut jenazah dan me­masukkan hingga ke li­ang lahat. Usai prosesi pe­ma­kaman, ia me­nga­takan tak menyangka-nyang­ka almar­hum An­drie akan menemui ajalnya secepat itu.

Baca Juga : Sumbar Butuh Jalan Tol Padang - Pekanbaru

“Beliau pak etek saya, kami sangat ke­hilangan. Karena be­liau sangat per­hatian terhadap kampung hala­man, telah banyak ia berbuat untuk Tanah Datar dan Sum­bar selama ini. Ia cukup an­tusias terhadap kemajuan daerah kita. Per­gaulannya dengan kalangan bawah hingga kalangan atas sangat disegani, sekitar 10 tahun lalu, putra bungsu kakek saya ini menjabat sebagai manager Pelita Ja­ya,” sebut Effendi yang juga Ketua KONI Tanah Datar itu me­ngi­sahkan sedikit perja­lanan hidup al­mar­hum.

Almarhum memang sa­ngat lekat dengan sepakbola. Lama menjadi pengurus Pe­lita Jaya, salah satu klub semi profesional papan atas tanah air yang didirikan oleh ke­luarga Bakrie. Al­marhum tercatat pernah menjadi ma­najer tim dari klub yang pernah ber­pres­tasi di tingkat Asia dan banyak melahirkan pemain besar, seperti Bam­bang Nurdiansyah, yang kini me­nangani Persija Pusat. Di era 1990-an, almarhum An­drie Amin dipercaya se­bagai manajer timnas, di an­ta­ranya ke SEA Games 1993, Singapura dan SEA Games 1997 di Jakarta.

Baca Juga : Mellysa Kistiand Putri Terpilih Sebagai Runner Up I Duta GenRe Tanah Datar 2021

Almarhum terakhir be­rada di lapangan hijau saat menyaksikan Trofeo Ma­tador, yakni per­tan­dingan segitiga yang melibatkan tim Jakarta Matador (Su­ra­ba­ya), tim Siwo Jaya dan tim gabungan wasit ISL/Divisi Utama Liga In­donesia, pada Kamis, 5 November 2015 di la­pa­ngan timnas Senayan.

Waktu itu almarhum masih tampak sehat, ber­gurau dengan Sekjen PSSI Azwan Karim, Ketua Ke­hormatan PSSI Agum Gu­melar, dan Gatot Hariyo Sutedjo, salah satu sahabat dekatnya yang juga mantan pemain nasional era 1980-an. Almarhum bahkan da­tang ke lapangan timnas bersama GH Sutedjo dan Rully Nere, mantan pemain nasional yang lama me­ngabdi di Pelita Jaya.

Baca Juga : 10 Calon Pimpinan Baznas Pariaman Ikuti Seleksi Tahap Wawancara

Di Trofeo Matador yang digagas oleh Presiden Ja­karta Matador Heru Pu­ji­hartono itu, almarhum bah­kan diminta oleh Agum Gu­melar untuk me­nye­rah­kan piagam ke­pada tim Siwo Jaya yang diwakili oleh kapten tim­nya, Is­kandar.   Presiden PSSI La Nyalla Mahmud Mattalitti men­gu­capkan dukacitanya yang men­da­lam. La Nyalla turut me­nyampaikan kabar wa­fat­nya almarhum kepada para sahabat. Hidup me­mang hanya untuk se­men­tara dan kita hanya tinggal me­nunggu waktu untuk meng­­hadap Sang Pencipta.   Kita akan kembali berjumpa dalam kehidupan yang aba­­di di sisi Allah SWT. (h/fma/tn/erz)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]