Presiden Serahkan Putusan ke Komisi III


Kamis, 26 November 2015 - 19:12:55 WIB
Presiden Serahkan Putusan ke Komisi III

Terkait belum adanya keputusan yang diambil oleh Komisi III hingga saat ini, Presiden Jokowi tidak mau berkomentar. “Jangan tanya saya, tanya ke pleno,” sambungnya. Orang nomor satu di Indonesia itu justru men­ya­rankan kepada seluruh pihak, agar bersabar sampai parlemen mengambil keputusannya.

Baca Juga : Lantik Tiga Kepala Daerah, Gubernur Kepri: Wujudkanlah Janji Sejahterakan Masyarakat

“Sabar, wong belum di­pu­tuskan. Kok sudah kalau-kalau. Yang paling penting me­mang menurut UU, DPR memilih lima dari 10 nama yang dia­jukan,” pungkasnya.

Sementara itu, Anggota Ko­misi III dari Fraksi Demokrat Ruhut Sitompul meminta agar tidak ada voting dalam pe­ngam­bilan keputusan komisinya ter­kait calon pimpinan (Capim) KPK. Ruhut mengatakan, ada tujuh fraksi yang mengusulkan agar proses pemilihan capim KPK ditunda. Sehingga jika divoting, maka tiga fraksi yang ingin me­lanjutkan proses tersebut men­jadi kalah suara.

Baca Juga : Terlibat KLB, Demokrat Pecat Ahmad Yahya hingga Syofwatillah Mohzaib

“Itu yang aku mohon nanti, jangan mereka ajak voting. Tetap bulat kita musyawarah, kita lanjutkan. Kalau voting, kita kalah dong. Kan mereka lebih banyak. Kami kan cuma tiga (fraksi),” ujarnya di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (26/11).

Tujuh fraksi diketahui me­nolak meneruskan proses ter­sebut karena tidak adanya ke­pastian soal unsur kejaksaan dalam nama-nama capim KPK yang diloloskan Pansel.

Baca Juga : Gegara Isu Kudeta, 7 Kader Partai Demokrat Bakal Dipecat

Namun, Ruhut tidak men­jelaskan fraksi-fraksi mana saja yang menolak pelanjutan ke fit and proper test. Fraksi Demokrat sendiri mendukung kinerja Pan­sel Capim KPK. “Kalau saya tetap mengajak, kita hormati kerja Srikandi yang sembilan itu (Capim KPK),” katanya. (h/net/bbc/rep)

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]