Harga Cabai dan Telur Kian Merangkak Naik


Selasa, 01 Desember 2015 - 19:52:28 WIB

Pedagang Sembako di Pasar Inpres II Padang, Ujang pada Haluan me­ngatakan, untuk harga be­berapa bahan pokok sem­bako saat ini mengalami kenaikkan. “Disebabkan beberapa faktor, salah sa­tunya karena cuaca yang ekstrim,” katanya.

Dijelaskannya, untuk harga cabai hijau saat ini berada dikisaran harga Rp25.000 per kg. Untuk harga bawang merah kampung saat ini masih berada pada kisaran harga Rp20.000 per kg dan ba­wang putih berada dikisaran harga Rp20.000 per kg.

Sementara itu, untuk harga cabai rawit juga naik dan berada pada harga Rp40.­000 per kg untuk kua­litas super (bagus). Sedang­kan untuk harga kentang masih bertahan dengan har­ga Rp7.000 per kg.

“Meski rata-rata harga bahan pokok ada yang ma­sih bertahan, ada juga bahan pokok sembako saat ini yang mulai merangkak naik, ditam­bah cuaca sering hujan dan daya beli masyarakat masih lemah menyebabkan pengha­silan juga ngadat,” lanjutnya.

Ditambahkan Ujang, di­samping harga cabai yang mulai merangkak naik, har­ga tomat dipasaran saat ini masih mahal. “Harga cabai dan tomat masih mahal se­jak kabut asap kemarin dan hingga saat ini harga tomat masih mahal berada diki­saran harga Rp14.000 per kg,” pungkasnya.

Untuk harga telur, saat ini berada pada harga Rp1.­400 per butir. Jika dibeli per 30 butir maka harganya mencapai Rp39.000 hingga Rp40.000. Hasnah (55) pedagang telur di Pasar Raya mengungkapkan bah­wa modal harga telur naik sudah tiga hari ini. “Jika beli per butir maka harganya memang mahal. Untuk modal saja saat ini sudah mencapai Rp27.000 per 30 butir (lapiak).  (h/mg-win)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM