Pengembangan Pariwisata

Pemko Rencanakan Beli Aset PTBA


Sabtu, 05 Desember 2015 - 03:25:58 WIB
Pemko Rencanakan Beli Aset PTBA Walikota Sawahlunto, Ali Yusuf, didampingi sejumlah kepala dinas saat melakukan peninjauan aset gedung dan beberapa aset milik PTBA UPO, yang rencananya akan dibeli dan dimanfaatkan sebagai sarana penunjang wisata di daerah itu kemarin. (RIKI YUHERMAN)

Dari pantauan Haluan, aset berupa bangunan gedung dan beberapa lubang tambang yang tidak dimanfaatkan lagi oleh PTBA UPO, kondisinya memang tidak lagi terawat. Bahkan terkesan dibiarkan sehingga banyak yang telah rusak.

“Melihat hal itu, Pemko Sa­wah­lunto ingin memanfaatkan se­luruh aset tersebut untuk dijadikan sebagai sarana penunjang wisata dan kelengkapan berbagai ke­pentingan umum lainnya,” kata Walikota Ali Yusuf ketika me­ninjau aset milik PTBA di Gudang Besar Saringan, Jum’at (4/12).

Saat ini sebutnya, Sawahlunto yang telah bertransformasi men­jadi kota wisata tambang yang ber­budaya, membutuhkan infra­struk­tur kelengkapan yang harus di­miliki sesuai dengan keinginan pa­sar. Salah satunya gedung repre­sentatif yang dapat menampung tamu hingga 1000 orang.

Melihat aset berupa gedung yang dimiliki perusahaan tambang negara ini bisa menunjang hal itu, pihaknya ingin memanfaatkan, sekaligus menyelamatkan dari pada dibiarkan tidak terpelihara begitu saja. Sesuai dengan aturan yang berlaku pada kementrian BUMN, setiap aset yang ingin dimanfaatkan harus dalam bentuk sewa pakai atau dibeli, sehingga bisa menjadi aset pemerintah kota nantinya.

“Kita telah mengajukan bebe­rapa aset tersebut kepa­da PTBA untuk dibeli. Mudah-mu­dahan bisa terealisasi dengan ce­pat dan segera dapat di­man­faatkan untuk perkembangan wisata Sawahlunto,” ungkapnya. (h/mg-rki)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM