Sawahlunto Derby 2015

12 Kuda Berpacu di Kelas Bergengsi


Sabtu, 05 Desember 2015 - 03:27:19 WIB

Keduabelas ekor kuda di kelas derby itu, merupakan kuda-kuda terbaik dari selu­ruh nusantara. Mulai Kali­mantan Tengah, Maluku Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Riau, Sumatera Utara, DKI Ja­karta, Nanggroe Aceh Da­rus­salam, Sumbar dan pro­vinsi lainnya.

Ketua Pelaksana Sa­wah­lunto Derby 2015, H. As­rijal, kepada Haluan me­ngungkap­kan, kejuaraan yang didukung beberapa perbankan itu, men­g­gelar kejuaraan, yang terdiri dari 12 kelas. Kelas derby meru­pakam kelas ber­gengsi me­nem­puh jarak 1.500 meter, diikuti 12 kuda.

Selanjutnya kelas Cd 2 th Perdana II dengan jarak tem­puh 600 meter, kelas Cd 2 th perdana heat akan me­nempuh jarak 1.600 meter, Cd 2 th pemula 800 meter, Ab 2 th perdana 800 meter, Kelas E 800 meter, Ab 2 th pemula 1.000 meter.Untuk kelas 3 handicap 1.200 me­ter, Kelas 2 handicap 1.200 meter,  Kelas 2 handicap 1.800 meter, Kelas remaja 1.300 meter dan  Kelas 3 th 1.400 meter.

Menurut Asrijal, Kelas Derby yang berhadiah Rp150 juta diikuti Kuda Nara As­mara,  Halalan Toyiban, Humayra, Serena, Freeway, Putri Binari, Yara’s Flash, Queen BTM, Nur Khalifah, Putri Madu Ireng, Sinar Ku­bang dan Sergio.

Asrijal mengatakan, ke­juaraan berkuda itu, meru­pakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Sawahlunto ke 127 tahun, yang akan digelar bebas dari berbagai atribut per­po­liti­kan. Baik itu, atribut pa­sangan Calon Gubernur, maupun pasangan calon bupati/walikota lainnya.

Bahkan, iven yang men­dapatkan sponsor bank na­gari itu, juga tidak me­nerima  sumbangan maupun ha­diah dalam bentuk apa­pun dari tim sukses pa­sangan calon kepala daerah yang bertarung dalam pe­lak­sanaan Pilkada yang akan digelar 9 Desember mendatang.

“Yang jelas, kita meng­hormati pesta demokrasi, makanya gelanggang pacuan kuda nantinya, tidak akan mengakomodir atribut kam­panye maupun alat pe­raga dari berbagai pasangan calon kepala daearh,” ujarnya.

Ketua Bidang Pacuan Adrius Putra mengatakan, saat ini pihaknya terus mela­kukan berbagai persiapan yang dibu­tuhkan. Setidaknya, hing­ga Jumat (4/12), persia­pan telah mencapai 90 persen.

“Kita optimis, pelak­sanaan akan berjalan dengan baik, asalkan didukung de­ngan cuaca cerah atau bera­wan. Jika tidak hujan, Insya Allah, kejuaraan ini akan berjalan dengan lan­car,” ungkap pria yang menjabat Camat Barangin tersebut. (h/dil)







Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM