Studi Banding Kehumasan ke Pemkot Yogyakarta

Bagian Humas dan Wartawan Dapat Pelajaran Berharga


Senin, 07 Desember 2015 - 02:35:10 WIB
Bagian Humas dan Wartawan Dapat Pelajaran Berharga Kabag Humas dan Informasi Pemkot Yogyakarta, Tri Hastono dan Kabag Humas Solsel, Zamzami.

Zamzami me­nyam­pai­kan, tujuan kun­jungan ke Pemkot Yogya, khususnya Bagian Humas dan In­for­masi, adalah untuk saling berbagi informasi dan ber­tukar ide terkait peran dan fungsi kehumasan.

“Daerah kami, Solsel berada di ujung selatan Su­matra Barat, yang ber­ba­tasan dengan Provinsi Jam­bi. Daerah kami merupakan pemekaran dari Kabupaten Solok yang kini berusia 11 tahun,” ujar Zamzami saat menyebutkan maksud ke­datangan rombongannya ke Pemkot Yogya.     

Menurut Zamzami, Ko­ta Yogya dan Solsel me­mi­liki suatu kesamaan, yakni daerah keturunan raja. Hu­bungan orang Minang de­ngan orang Yogya juga cu­kup erat bahkan Raja Yogya Sri Sultan Ha­mengku Bu­wono X juga mendapatkan gelar dari Minang. Jadi, kedatangan pihaknya ke sana untuk belajar lebih banyak dari Kota Yogya yang ia nilai lebih maju dibandingkan dengan daerah lain di DIY.

Selain itu, kata Zam­zami, sebagai wilayah oto­nomi baru, Pemkab Solsel mengaku masih banyak ke­ku­rangan dalam berbagai hal, khususnya menyangkut kehumasan dan kerja sama dengan media. Untuk itu, pihaknya mengajak se­jum­lah rekan media yang ber­tugas di Solsel untuk belajar di Kota Yogya.                

Menyambut rombongan dari Solsel, Kabag Humas dan Informasi Pemkot Yog­ya, Tri Hastono men­jelas­kan, wila­yah Kota Yogya sangat sem­pit, yakni sekitar 32,2 KM persegi.  Kota Yogya me­ngandalkan sektor jasa dan pariwisata sebagai denyut nadi perekonomian. Dengan tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, Pem­kot Yogya berkomitmen mem­berikan pelayanan yang maksimal kepada warganya.

“Kecintaan warga Kota Yogya terhadap kotanya cukup tinggi. Hal-hal se­kecil apa pun terkait fas­i­litas dan kenyamanan war­ga, di­sam­paikan oleh warga. Misalnya, lampu jalan mati, sampah berserakan dan mas­ih ba­nyak lagi. Untuk itu, semua ke­luhan, ma­sukan mau pun protes war­ga, kami wadahi dalam satu layanan Unit Pelayanan Infor­masi dan Pe­ngaduan (UPIK). Kami telah me­­miliki UPIK, jauh sebelum terbit Undang-Un­dang Ke­terbukaan Informasi Pu­­blik,” tu­tur­nya.                

Terkait hubungan Pem­kot Yogya dengan se­jum­lah media, baik cetak, elek­tronik mau pun daring (online), kata Tri Hastono, cukup baik. Pemkot me­ngang­gap media adalah mi­tra kerja untuk men­dukung pembangunan Ko­ta Yogya.

Pemkot Yogya, lanjut Tri Hastono, juga sudah me­lakukan inovasi dalam pe­nyebaran informasi di me­dia, terutama media elek­tronik, dengan mengurangi porsi acara gelar wicara atau bincang-bicang (talkshow) dan menggantinya dengan konsep hiburan (enter­tain­ment) berbasis wilayah. Pemkot juga memberikan fasilitas untuk mengakses in­formasi sebanyak-ba­nyak­­nya kepada war­tawan, bahkan hubungan masing-masing SKPD dengan me­dia juga cukup bagus. (h/jef)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 22 Juli 2016 - 02:29:45 WIB

    Pasaman Kebagian Etape 3 TdS

    Pasaman Kebagian Etape 3 TdS Pasaman, Haluan — Daerah Kabu­paten Pasaman kebagian etape 3 dalam Tour de Singkarak, yang dilaksanakan sebagai iven balap sepeda dengan meli­batkan para atlet pebalap dari luar negeri yang merupakan ivent tahunan..
  • Rabu, 16 Maret 2016 - 02:52:52 WIB
    89 Telur Berhasil Ditetaskan

    Sebagian Anak Penyu Dilepas ke Laut

    PARIAMAN, HALUAN — Inkubasi telur penyu di Pulau Kasiak berhasil menetaskan 89 ekor tukik, dari 96 telur yang diinkubasi. Sebahagian dari tukik telah dilepas ke laut..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM