Perlu Komunikasi Bangun Daerah

Kepala Daerah dan Wakil Daerah di Pusat


Selasa, 08 Desember 2015 - 02:31:23 WIB

Ken­dati disadari kewenangannya tidak sejauh itu, na­mun ketika kepala daerah dari Sumatera Barat membuka ko­munikasi dengan dirinya, maka dalam kapasitas  se­bagai senator, Nofi tidak akan setengah-setengah mem­perjuangkan kepentingan daerah.  “Kun­cinya, kepala da­erah bisa membangun komunikasi dan bersinergi de­ngan anggota parlemen,” ujar senator asal Sumbar ini.

Nofi menjelaskan, ketika kepala daerah membangun ko­munikasi dan selalu berkoordinasi dengan anggota DPD maupun DPR-RI, yang diajukan kepala daerah un­tuk kebutuhan daerah akan diketahui. Sebaliknya, bi­la gubernur, bupati atau walikota berjalan sendiri-sen­diri dan tidak memanfaatkan potensi anggota DPD, yang dilakukan kepala daerah kurang berjalan maksimal.  “Mi­nimal kami bisa mengawal setiap program yang di­ajukan melalui proposal di kementrian terkait,” ujarnya.

Bukan tanpa argumentasi Nofi Candra menyatakan ko­mitmennya. Faktanya anggota DPD-RI yang juga ang­gota MPR-RI itu telah berhasil melakukan advokasi ter­hadap komoditi Gandum agar menjadi salah satu ba­han pangan Nasional yang perlu dilindungi peme­rintah. “Langkah ini tinggi dampaknya terhadap budidaya Gandum dan tanaman tropis Alahan Panjang,” jelasnya.

Konsistensi Nofi untuk membangun daerah juga tergambar dari kebiasaannya yang jika berada di daerah, ia duduk di lepau-lepau dan tak jarang mengunjungi kelompok petani. “Salah satu alasan kami turun ke daerah, sampai ke pelosok, untuk menangkap yang sebenarnya dikehandaki masyarakat dan kebutuhan daerah,” sebutnya.

Dari pengamatannnya di tengah masyarakat, Nofi ber­kesimpulan, ternyata rakyat masih butuh bantuan so­sial (bansos) untuk kepentingan bersama. Esensi ban­sos bahkan sama pentingnya dengan perhatian pe­me­rintah terhadap pengembangan Kelompok Usaha Ber­sa­ma.

Atas pengamatan itu, sesuai posisinya sebagai anggota Komite II yang membidangi sektor Pertanian, Perternakan, Energi, pertambangan dan kemaritiman, Nofi mengaku memiliki banyak kesempatan untuk mendorong berkembangnya kelompok-kelompok usaha di kalangan petani dan nelayan. “Kami akan fokus memerhatikan daerah dalam kaitannya dengan bidang pertanian, perikanan dan perkebunan, termasuk energi dan kemaritiman,” ucapnya. (h/ndi)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM