Humas Pemko Gelar Pelatihan Jurnalistik


Rabu, 09 Desember 2015 - 02:08:45 WIB

“Setiap petugas humas harus berlatih membuat berita, sehingga laporan yang ditulisnya bisa dipahami terutama melalui relis yang dibuatnya,” kata Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar pada pembukaan pelatihan jurnalistik dengan bekerja sama PWI Cabang Pariaman-Humas Pemko Pariaman, Sabtu (5/12).

Kota Pariaman saat ini pesat dengan pembangunan, sekaitan dengan hal tersebut perlu diinformasikan kepada dunia luar. Jika sebuah informasi melalui sebuah tulisan atau berita yang dibuat oleh humas tidak jelas artinya tidak lengkap dan berkualitas melalui sebuah relis, tentu sasaran informasi tidak terserap secara maksimal.  Disebutkan juga, bermitra dengan wartawan pun harus pintar, karena mereka tidak hanya sebagai penyemangat pembangunan, tetapi juga sebagai sosial kontrol dari apa yang dikerjakan pemerintah.

Kontrol yang dilakukan wartawan melalui karyanya bisa merupakan koreksi, penyemangat dan kehati-hatian bagi pemerintah dalam bekerja. “langkah yang mereka suguhkan melalui pemberitaan sangat diperlukan untuk percepatan pembangunan di kota tabuik ini,” ujar Genius Umar.

Diakuinya, topnya pariwisata Kota Pariaman dalam dua tahun terakhir, berkat peran wartawan dengan pemberitaannya yang gencar. “Kita berharap dengan adanya pelatihan jurnalistik untuk humas bekerja sama dengan PWI Pariaman, keahlian anggota humas pemko jadi bertambah dalam melahirkan tulisan yang baik dan berkualitas,” harapnya.

Oleh sebab itu, peserta diharapkan mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya, sehingga ilmu yang didapat bisa langsung dimanfaatkan dalam menunaikan tugas. Sementara itu, Ketua PWI Pariaman, Ikhlas Bakri mengatakan, pelatihan difokuskan kepada utusan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishub Kominfo), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbud­par) dan humas di daerah setempat.

Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan akan meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam menulis dan menyajikan informasi serta berita kepada masyarakat. Pemateri dalam pelatihan itu, di antaranya PWI Sumbar dan kegiatan tersebut diikuti 40 peserta. (h/tri)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 13 Maret 2019 - 20:38:53 WIB

    Rinaldi Jabat Kabag Humas Pemkab Pessel, Bupati: Harus Aktif dan Gesit

    Rinaldi Jabat Kabag Humas Pemkab Pessel, Bupati: Harus Aktif dan Gesit PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Rinaldi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik (Kabag Kesbangpol), sekarang menjabat sebagai Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) di Sekretariat Daerah.
  • Jumat, 10 Juni 2016 - 02:49:19 WIB

    Kasubag Humas DPRD Solok Diapresiasi Wartawan

    SOLOK, HALUAN — Kala­ngan wartawan memberikan apresiasi dan jempol pada Kasu­bag Humas DPRD Kota Solok, Ismail karena dinilai sangat transparan dalam pem­bayaran da­na langganan koran maupun dana lipu­tan khusus dengan.
  • Kamis, 09 Juni 2016 - 02:49:07 WIB

    Humas Pemkab Siapkan Media Center untuk Wartawan

    Tanah Datar, Haluan — Humas Setda Tanah Datar siapkan pelayanan Informasi Media Centre (IMC) untuk mempermudah wartawan Ta­nah Datar dalam mengakses informasi dan mengirim berita..
  • Kamis, 17 Maret 2016 - 03:37:02 WIB

    Humas Setdako Tempati Ruangan Baru

    BUKITTINGGI, HALUAN — Hubungan Masyarakat (Humas) Setdako Bukittinggi, tempati ruangan baru semenjak Senin (14/3) kemarin. Ruangan baru Humas ini sebelumnya ditempati oleh Bagian Kesra Setdako yang pindah dengan menempati r.
  • Kamis, 03 Maret 2016 - 03:04:57 WIB

    Humas Bertukar Informasi dengan Agam

    BATUSANGKAR,HALUAN — Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Setdakab Tanah Datar, saling tukar informasi tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Doku­mentasi (PPID) dengan Bagian Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM