Jokowi Luncurkan “Kampung KKBPK”

Nagari Sintuak Percontohan Nasional


Kamis, 10 Desember 2015 - 02:47:57 WIB
Nagari Sintuak Percontohan Nasional

Untuk pemantapan Kam­­pung KKBPK (Ke­luar­ga Berencana dan Pem­ba­ngunan Keluarga), saat ini  Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasio­nal (BKKBN) Pusat mela­ku­kan pendampingan pro­ses penyusunan rencana anggaran pendapatan dan pengeluaran keuangan desa/nagari (RAPPKD/N).

Sebagai pilot proyek terpilih dua desa / nagari di seluruh Indonesia. “Nagari tersebut adalah Nagari Sin­tuak, Kecamatan Sintuk Toboh Gadang (Sintoga), Kabupaten Padang Paria­man, serta Desa Sungai Kuini, Hulu Sungai Utara (HSU), Provinsi Kaliman­tan Selatan” papar   Walina­gari Sintuak, Anasril Nazar yang ditemui wartawan di kantornya, Selasa (8/12).

Baca Juga : Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Sumber Daya Manusia (SDM) di pedesaan harus mampu menyusun dokumen perencanaan, melaksanakan dan melakukan penga­wa­san, karena desa atau nagari merupakan ujung tombak pemerintah dalam melak­sanakan program pem­ba­ngunan. Untuk itu,Program pendampingan berlangsung selama lima bulan, Agustus s/d Desember 2015. Khusus untuk Nagari Sintuak, Tim yang berasal dari Puslitbang Kependudukan BKKBN itu berjumlah tiga orang. Mere­ka adalah Muhammad Da­wam MPA (ketua tim), Drg Wisnu Fadila dan Darojat Nurjona Agung Nugroho MSi. Mereka dipandu oleh Sekretaris Badan Kepen­dudukan dan Keluarga Be­ren­cana Daerah (BKKBD) Kabupaten Padang Paria­man Drs Suhaili MH.

Walinagari Sintuak, Ana­sril Nazar menyebutkan rasa syukurnya atas program BKKBN tersebut. “Kami bersama perangkat nagari dan masyarakat jadi me­ma­hami dan mengerti tentang pro­ses penyusunan peren­canaan APPKN, cara pelak­sanaan kegiatan dan bagai­mana melakukan penga­wasan,” ujarnya.

Baca Juga : Diskominfo Solok Selatan Jalin Kebersamaan dengan Awak Media

Ditemui secara terpisah di Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) BKKBD Sin­toga, Ketua Tim BKKBN Muhammad Dawam yang didampingi Sekretaris BKK­BD Suhaili menyatakan apresiasinya terhadap pe­rang­kat dan masyarakat Nagari Sintuak. Sebab, me­re­ka sangat bersungguh-sungguh dan penuh inisiatif selama mengikuti program pendampingan.

“Terkait dengan Kepen­dudukan, Keluarga Beren­cana dan Pembangunan Ke­luar­ga (KKBPK), mereka mengusulkan agar mema­sukkan kegiatan seperti Bina Keluarga Balita, Re­ma­ja dan Lansia (BKB, BKR, BKL) ke dalam doku­men APPKN. Hal ini akan menjadi percontohan bagi seluruh desa di Indonesia,” kata Dawam. Ia juga me­ngung­kapkan, pada bulan Januari 2016 nanti Presiden Joko Widodo akan me-laun­ching “Kampung KK­BPK” untuk seluruh Indo­nesia. Nagari Sintuak akan men­jadi percontohan. (h/bus)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]