Tahun Depan Anggaran Dana Desa Meningkat


Jumat, 11 Desember 2015 - 02:56:03 WIB

Asisten Pemerintahan Setda Pasaman, Dalisman Darsah menyebutkan, dana desa tahun 2016 yang di­te­rima Pasaman untuk 32 nagari sebanyak Rp25,5 miliar. “Dibandingkan de­ngan dana desa yang di­terima tahun 2015 sebesar Rp11,6 miliar, maka dana desa tahun depan menga­lami kenaikan sebesar Rp13,9 miliar,” kata­nya, kemarin.

Menurutnya, jumlah de­sa atau nagari di Pasaman tercatat sebanyak 37 nagari, namun nagari yang men­dapatkan alokasi dana desa hanya sebanyak 32 nagari. Hal itu disebabkan, belum diterimanya kode desa (re­gis­trasi) dari Kemendagri.

“Jika dana desa tersebut dibagi rata, setiap nagari akan mendapatkan dana desa sekitar Rp700 juta. Jumlah ini, mengalami pe­ning­katan dua kali lipatnya dibanding dana desa tahun 2015, yang rata-rata me­ne­rima sekitar Rp300 juta per desa atau nagari,” katanya.

Selain itu, kata Da­lis­man, setiap nagari di wi­layah itu masih akan men­dapatkan tambahan dana dari Alokasi Dana Desa atau alokasi dana nagari yang berasal dari APBD kabu­paten. “‘Bila seluruh dana ini dijumlahkan seluruhnya, setiap desa dipastikan akan mengelola dana lebih dari Rp1 miliar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ber­da­sarkan APBD tahun 2016, pemerintah setempat se­dikit­nya mengalokasikan anggaran dana alokasi um­um nagari (Daun) sebesar Rp18 miliar.

Dalisman juga me­nam­bah­kan, berdasarkan plafon 2016 tiap kanagarian juga mendapatkan alokasi untuk anggaran Program Pem­bangunan Partisipatif Ber­basis Nagari (P2BN) se­besar Rp30 miliar, yang ber­sum­ber dari dana APBD.

Khusus dana desa, kata Dalisman, hanya bisa di­alo­kasikan untuk pem­bangu­nan infrastruktur desa, sa­rana prasarana dan ekonomi kemasyarakatan. Di luar itu, kata Dalisman, tidak di­benar­kan sama sekali.

Dalisman menekankan, agar dana desa di­per­guna­kan sesuai aturan berlaku. Seluruh wali nagari, kata dia, harus mematuhi pe­tunjuk tekhnis (Juknis) dan petunjuk pelaksana (Ju­kl­ak), jika tidak ingin be­ru­rusan dengan aparat pe­ne­gak hukum. (h/col)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 13 November 2019 - 15:43:46 WIB

    Akhir Tahun Mendekat...! OPD Pemkab Pasaman Harus Lebih Gesit

    Akhir Tahun Mendekat...! OPD  Pemkab Pasaman  Harus Lebih Gesit PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Pasaman, kembali diingatkan soal percepatan realisasi kegiatan fisik dan keuangan, termasuk penerimaan pendapatan asli daerah (PAD) yang masih jauh dar.
  • Selasa, 05 November 2019 - 16:18:08 WIB

    Tahun 2020, Pasaman Absen Jadi Tuan Rumah TdS

    Tahun 2020, Pasaman Absen Jadi Tuan Rumah TdS PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Pasaman, Linggoman memastikan tahun depan kabupaten itu absen dari penyelenggaraan event Tour de Singkarak (TdS)..
  • Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:50:10 WIB

    Tahun Depan Kawasan Selatan Limapuluh Kota Bakal Ada Jembatan Baru

    Tahun Depan Kawasan Selatan Limapuluh Kota Bakal Ada Jembatan Baru Kabar gembira bagi masyarakat di kawasan selatan Limapuluh Kota, terutama di Kecamatan Lareh Sago Halaban..
  • Kamis, 17 Januari 2019 - 11:07:48 WIB

    70 Tahun Peristiwa Situjuah, Wali Kota: Perjuangan Pahlawan Belum Usai

    70 Tahun Peristiwa Situjuah, Wali Kota: Perjuangan Pahlawan Belum Usai PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi menghadiri peringatan 70 Tahun Peristiwa Situjuah di lapangan sepak bola Khatib Sulaiman, Jorong Tangah, Nagaro Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, .
  • Senin, 14 Januari 2019 - 20:13:26 WIB

    Kado Awal Tahun, Painan Kembali Sabet Adipura

    Kado Awal Tahun, Painan Kembali Sabet Adipura PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), kembali menyabet Adipura untuk kedua kalinya, serta anugerah kepada kepala daerah dan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dengan orientasi sebagai Lead.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM