Tahun 2016

Pemko Padang Fokuskan Betonisasi Jalan dan Pasar


Jumat, 11 Desember 2015 - 03:15:26 WIB
Pemko Padang Fokuskan Betonisasi Jalan dan Pasar

Dalam 10 program ung­gulan tersebut anggaran lebih banyak untuk beto­nisasi dan pembenahan pasar.

“RAPBD 2016 yang di­su­sun fokus untuk per­ce­patan 10 program unggulan Pemkot Padang, terutama untuk betonisasi jalan ling­kung dan pasar,” kata Sek­retaris Kota Padang Nasir Ahmad.

Baca Juga : Walikota Padang Hendri Septa Terima 500 Paket Sembako bagi Petugas DLH dari BNI Wilayah 02 Sumbar Riau Kepri

Ia mengatakan berda­sarkan instrusksi dari wali kota, bahwa RAPBD 2016 yang akan diajukan ke DP­RD harus bersifat responsif terhadap masyarakat, se­hingga hasilnya dapat dira­sakan dan dinikmati lang­sung oleh masyarakat.

Dari 10 program unggu­lan tersebut, akan ada bebe­rapa program yang akan menyerap dana APBD cu­kup besar, yaitu pemba­ngunan infrastruktur per­dagangan dan sentra eko­nomi sebesar Rp 256 miliar atau 25.83 persen dari total anggaran belanja.

Baca Juga : Bangun Industri CPO dan Turunannya di Kota Padang, Hendri Septa Tinjau PT Padang Raya Cakrawala

Selain itu penataan bi­rok­rasi 18.42 persen, kese­hatan 15.26 persen, pem­bangunan ekonomi berbasis masyarakat atau UMKM 12.19 persen dan pe­mera­taan mutu pendidikan 8.64.

“Dari anggaran tahun 2015 juga sudah melak­sanakan 10 program terse­but, di antaranya betonisasi atau infrastruktur jalan, drainase, pendidikan dan kesehatan. Untuk yang be­lum tuntas akan dilanjutkan di tahun 2016,” jelasnya.

Baca Juga : Meski Pandemi, Pasar Pabukoan di Padang Tetap Ramai Pembeli

Ia menyebutkan, 10 pri­o­ritas pembangunan APBD Padang tahun 2016 di an­taranya pembangunan sa­rana perdagangan dan sentra ekonomi, peningkatan dan pemerataan mutu pen­didi­kan, peningkatan infrastruk­tur atau sarana prasarana dan transportasi.

Pengembangan industri pariwisata kelautan serta pemberdayaan masyarakat pesisir untuk mendorong pertumbuhan ekonomi kre­a­tif, peningkatan penataan ruang dan pembangunan kawasan perumahan, pe­ning­katan dan pemerataan akses pelayanan kesehatan masyarakat, pembangunan ekonomi berbasis ma­sya­rakat, serta penataan ling­kungan perkotaan yang hi­jau, lanjutnya.

Baca Juga : Pesantren Ramadan Digelar, Pemko Padang Siapkan Pengawasan Berlapis

Selain itu 10 prioritas tersebut juga untuk pe­na­taan birokrasi dan tata ke­lola penyelenggaraan peme­rinta­han yang baik dan ber­sih, serta untuk pengamalan agama dalam kehidupan berbudaya.

“Untuk itu, penyusunan RAPBD untuk tahun 2016 akan mempercepat pem­bangunan yang berkaitan dengan hal tersebut,” tam­bahnya.

Sebelumnya Wali Kota Padang Mahyeldi An­sha­rullah menyebutkan bahwa untuk menjadikan Padang yang sejahtera, diharapkan indeks pembangunan ma­nusia di Padang akan men­capai angka 78.55 persen.

“Agar angka tersebut tercapai, maka target ke­berhasilan di bidang pem­bangunan, pendidikan, eko­nomi dan kesehatan perlu ditingkatkan,” jelasnya.

Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Kota Padang, Hen­dri Zulviton mengatakan, pada tahun 2014 PU meng­anggarkan Rp 47,37 miliar untuk betonisasi jalan se­panjang 55,69 KM, se­men­tara tahun 2015 PU kembali menganggarkan dana be­tonisasi melalui dana AP­BD dan ABPN sebesar Rp­88,25 miliar yang akan di­gunakan untuk betonisasi jalan sepanjang 97,5 KM. Untuk 2016 dianggarkan Rp 90,77 miliar untuk 90 Km lebih.

“Memang belum selu­ruh jalan di Padang yang dibetonisasi, masih ada be­berapa lokasi yang belum. Untuk menuntaskan beto­nisasi di Padang tahun 2016 akan dianggarkan lagi sam­pai betonisasi tuntas pada tahun 2017,” terangnya.

Sementara itu Kepala Disperindagtamben Kota Padang Hendrizal Azhar, menyebut khusus untuk pembangunan blok III pi­hak­nya sudah meng­ang­garkan dana senilai Rp170 miliar 2016. “Pedagang bisa mengawalnya sampai pem­bahasan di tingkat dewan,” ujarnya.(h/ows)

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]