Prestasi Pemko Padang Hebat


Jumat, 11 Desember 2015 - 03:16:29 WIB
Prestasi Pemko Padang Hebat

Tiga penghargaan yang diraih dalam sehari itu yak­ni  Anugerah Peduli Pen­didikan, Apresiasi Pen­didikan Islam, serta Peng­hargaan Peduli Hak Azazi Manusia (HAM). Tiga peng­hargaan ini semakin menambah koleksi per­ben­daharaan penghargaan bagi Kota Padang.

“Syukur alhamdulilah, dalam satu hari kita bisa meraih tiga penghargaan yang berbeda. Ini semua berkat kerja keras dan ke­pedulian masyarakat Kota Padang. Terimakasih untuk seluruh ASN Kota Padang dan masyarakat,” ujar wa­likota.

Kepastian diraihnya Anu­­gerah Peduli Pen­didikan Islam 2015 setelah mendapat surat undangan dari Kementerian Agama RI nomor DI.I/HM.01/4924/2015 bertanggal 7 Desember 2015. Sekretaris Daerah Kota Padang me­lalui Kepala Bagian Ke­sejahteraan Rakyat Al Amin menyebut penghargaan ini akan diserahkan Menteri Agama RI di Hotel Boro­budur, Jakarta.

Penghargaan ini cukup luar biasa, karena di Su­matera Barat hanya Kota Padang yang meraih peng­hargaan ini. Sedang untuk di lingkup Sumatera, hanya dua daerah yang menerima penghar­gaan tersebut yakni Padang dan Kabupaten Siak. “Pa­dang telah mewakili Su­matera Barat. Dari 340 kabupaten/kota, hanya enam daerah yang meraih penghargaan Anugerah Apresiasi Pen­didikan Islam se-­In­do­ne­sia,” kata Al Amin.

Penghargaan ini diraih karena kepedulian kepala daerah terhadap pendidikan Islam melalui kebijakan dan program kerja. Kepe­dulian ini dikategorikan menjadi dua jenis, seperti aktifitas keagamaan yang berjalan semarak, serta du­kungan dana yang banyak untuk pendidikan Islam tersebut.

Diakui Al Amin, selama ini Pemerintah Kota Pa­dang memang telah benar-benar peduli dengan pen­didikan Islam.

Seperti dige­lon­tor­kan­nya dana insentif bagi guru mengaji se-Kota Padang sebanyak Rp 9 mi­liar per­tahun.

Kemudian perhatian dalam bentuk dana untuk pelaksanaan Pesantren Ramadhan se­banyak Rp 2,5 miliar seta­hun.

“Serta sertifikasi guru mengaji TPQ/TPA, bantuan untuk MAN sebanyak Rp 1 miliar dan banyak lagi,” ujarnya.

Sedangkan untuk Anu­gerah Peduli Pendidikan bagi Kota Padang akan dise­rahkan Menteri Pen­didikan dan Kebudayaan RI di Plaza Insan Ber­pres­tasi Gedung Ki Hajar De­wantara Kem­dikbud, jalan Jenderal Su­dirman, Se­nayan, Jakarta.

“Penghargaan ini kita raih berkat kepedulian yang tinggi terhadap pen­didi­kan,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi.

Untuk penghargaan Pe­duli HAM akan diserahkan Menteri Hukum dan HAM di Jakarta. Penghargaan ini diraih Padang karena telah melewati sejumlah kriteria penilaian.

Yakni penilaian ter­hadap haka hidup ma­nusia, hak mengembangkan diri, hak atas kesejahteraan, serta hak atas rasa aman dan hak atas perempuan.

Penghargaan yang dite­rima Pemko Padang tidak terlepas dari program na­sional yang diselaraskan dengan visi dan misi Wa­likota yang berjalan baik. Dengan penghargaan ini tentu akan memotivasi Pem­­ko Padang untuk lebih memerhatikan hak ma­syarakat sesuai dengan kri­teria yang menjadi pe­ni­laian Kemenkum HAM.(h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]