Pasar Tradisional Sawahlunto Juara III


Selasa, 15 Desember 2015 - 02:48:15 WIB

Pasar rakyat Sawahlunto terpilih sebagai juara ketiga, dalam kategori pasar rakyat yang dikelola pemerintah kota dengan total nilai 6.49 poin. Atas penilaian Pem­prov Sumbar, Sawahlunto menerima penghargaan beri­kut hadiah uang tunai.

Penghargaan berikut ha­diah, diserahkan langsung Pj Gubernur Sumbar, Rey­donnyzar Moenek kepada Wakil Walikota Sawah­lunto, Ismed.SH, di Au­ditorium Gubernuran Sum­bar, pekan lalu.

Reydon­nyzar Moenek me­ngungkapkan, penghar­gaan tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemprov Sumbar dalam pem­berdayaan pasar rakyat dan pasar tradisional. Karena, letak keku­atan ekonomi masyarakat Sum­bar, berada di pasar tradisio­nal maupun pasar rakyat.

“Untuk itu, Pemprov Sumbar terus berupaya men­dorong meningkatkan kualitas dan juga pelayanan pasar. Sehingga pereko­nomian masyarakat dapat meningkat dan berkem­bang,” tambahnya.

Wakil Walikota Sawah­lunto, Ismed. SH mengata­kan, penghargaan yang dite­rima Sawahlunto tidak ter­lepas dari kerja sama antara pemerintah dengan pedagang dan masyarakat kota sendiri.

Menurut Ismed, pe­ngem­­bangan dan penge­lolaan pasar oleh Peme­rintah Sawahlunto, sebagai bentuk perhatian peme­rintah, dalam mendukung pengembangan pereko­no­mian masyarakat.

Selain itu, Pemerintah Sawahlunto menjadikan pengembangan dan pe­nge­lolaan pasar Sa­wahlunto sebagai daya tarik kota, dengan menghadirkan pusat perbelanjaan dengan sentu­han modern, yang me­li­batkan pedagang tradisional.

Pasar tradisional Sawah­lunto memang berbeda de­ngan dengan daerah lain. Sebab, memiliki sentuhan modernisasi, bersih dan tertib, yang dikelola di ba­wah UPTD Pasar. Pasar tradisional Sawahlunto ter­bagi dalam tiga blok, dengan lebih dari 300 petak kios pedagang, serta menam­pung lebih dari 500 peda­gang kaki lima, dengan dukungan lahan parkir yang sangat luas.

Terpilihnya Pasar Tradi­sional Sawahlunto sebagai juara, tidak terlepas dari sistem pengelolaan pasar dan sistem administrasi yang dilakukan selama ini. Pasar UPTD Sawahlunto melaku­kan pengelolaan ad­ministrasi maupun ketertiban.

Yang tidak kalah pen­tingnya, Pasar Tradisional Sawahlunto telah me­nge­lompokan antara pedagang basah dan pedagang kering. Pedagang basah terdiri dari pedagang ikan, daging, sa­yur, ayam dan sejenisnya. Sedang­kan pedagang ke­ring, terdiri dari pedagang pakaian, se­patu dan sejenisnya.

Selain piala, Wakil Wali­kota Sawahlunto, Ismed juga menerima hadiah beru­pa uang senilai Rp19,5 juta. (h/dil)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 17:53:05 WIB

    Pasar Tluk Ampelu Inderapura Mulai Bergeliat

    Pasar Tluk Ampelu Inderapura Mulai Bergeliat PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Pasar Tluk Ampelu Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan, mulai difungsikan pedagang untuk berjualan. Kepala Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Pessel Azral m.
  • Selasa, 01 Januari 2019 - 20:13:46 WIB

    Tugu Mungkuih Berdiri Kokoh di Pasar Balai Selasa, Pessel

    Tugu Mungkuih Berdiri Kokoh di Pasar Balai Selasa, Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, patut berbangga. Sebab, tugu ikan Mungkuih sebagai ikon daerah setempat akhirnya berdiri kokoh di Pasar Balai Selasa..
  • Rabu, 05 Desember 2018 - 16:08:38 WIB

    Pasar Ibuh Payakumbuh Berstandar Nasional Pertama di Sumatera

    Pasar Ibuh Payakumbuh Berstandar Nasional Pertama di Sumatera PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM--Berbagai upaya yang dilakukan Pemko Payakumbuh bersama pihak terkait dalam membenahi Pasar Ibuh, Payakumbuh Barat,  membuahkan hasil. Pasar Tradisional itu ditetapkan sebagai Pasar Berstandar Na.
  • Senin, 03 Desember 2018 - 14:21:21 WIB

    Pasar Silo Sawahlunto Mulai Menggeliat

    Pasar Silo Sawahlunto Mulai Menggeliat SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Pertemukan pedagang kecil dengan wisatawan di kawasan destinasi wisata, Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Sawahlunto, merintis Pasar Silo. Empat pekan berjalan, Pasar Silo mulai menggeliat men.
  • Kamis, 04 Oktober 2018 - 18:45:47 WIB

    Tampung 100 Kios, Pasar Kuraitaji Diresmikan

    Tampung 100 Kios, Pasar Kuraitaji Diresmikan PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM--Pasar Kuraitaji Pariaman, yang berpredikat nomor dua terbaik dalam pengelolaan pasar tinggkat Provinsi Sumatera Barat, diresmikan Wali Kota Pariaman, Mukhlis Rahman, Kamis (4/10)..

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM