Pasar Tradisional Sawahlunto Juara III


Selasa, 15 Desember 2015 - 02:48:15 WIB

Pasar rakyat Sawahlunto terpilih sebagai juara ketiga, dalam kategori pasar rakyat yang dikelola pemerintah kota dengan total nilai 6.49 poin. Atas penilaian Pem­prov Sumbar, Sawahlunto menerima penghargaan beri­kut hadiah uang tunai.

Penghargaan berikut ha­diah, diserahkan langsung Pj Gubernur Sumbar, Rey­donnyzar Moenek kepada Wakil Walikota Sawah­lunto, Ismed.SH, di Au­ditorium Gubernuran Sum­bar, pekan lalu.

Reydon­nyzar Moenek me­ngungkapkan, penghar­gaan tersebut sebagai bentuk apresiasi Pemprov Sumbar dalam pem­berdayaan pasar rakyat dan pasar tradisional. Karena, letak keku­atan ekonomi masyarakat Sum­bar, berada di pasar tradisio­nal maupun pasar rakyat.

“Untuk itu, Pemprov Sumbar terus berupaya men­dorong meningkatkan kualitas dan juga pelayanan pasar. Sehingga pereko­nomian masyarakat dapat meningkat dan berkem­bang,” tambahnya.

Wakil Walikota Sawah­lunto, Ismed. SH mengata­kan, penghargaan yang dite­rima Sawahlunto tidak ter­lepas dari kerja sama antara pemerintah dengan pedagang dan masyarakat kota sendiri.

Menurut Ismed, pe­ngem­­bangan dan penge­lolaan pasar oleh Peme­rintah Sawahlunto, sebagai bentuk perhatian peme­rintah, dalam mendukung pengembangan pereko­no­mian masyarakat.

Selain itu, Pemerintah Sawahlunto menjadikan pengembangan dan pe­nge­lolaan pasar Sa­wahlunto sebagai daya tarik kota, dengan menghadirkan pusat perbelanjaan dengan sentu­han modern, yang me­li­batkan pedagang tradisional.

Pasar tradisional Sawah­lunto memang berbeda de­ngan dengan daerah lain. Sebab, memiliki sentuhan modernisasi, bersih dan tertib, yang dikelola di ba­wah UPTD Pasar. Pasar tradisional Sawahlunto ter­bagi dalam tiga blok, dengan lebih dari 300 petak kios pedagang, serta menam­pung lebih dari 500 peda­gang kaki lima, dengan dukungan lahan parkir yang sangat luas.

Terpilihnya Pasar Tradi­sional Sawahlunto sebagai juara, tidak terlepas dari sistem pengelolaan pasar dan sistem administrasi yang dilakukan selama ini. Pasar UPTD Sawahlunto melaku­kan pengelolaan ad­ministrasi maupun ketertiban.

Yang tidak kalah pen­tingnya, Pasar Tradisional Sawahlunto telah me­nge­lompokan antara pedagang basah dan pedagang kering. Pedagang basah terdiri dari pedagang ikan, daging, sa­yur, ayam dan sejenisnya. Sedang­kan pedagang ke­ring, terdiri dari pedagang pakaian, se­patu dan sejenisnya.

Selain piala, Wakil Wali­kota Sawahlunto, Ismed juga menerima hadiah beru­pa uang senilai Rp19,5 juta. (h/dil)

loading...
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Agustus 2020 - 17:55:04 WIB

    UMKM Pariaman akan Dilatih Menuju Pasar Digital

    UMKM Pariaman akan Dilatih Menuju Pasar Digital HARIANHALUAN.COM - Perindagkop dan UKM Kota Pariaman dalam waktu dekat ini akan melakukan pelatihan untuk pelaku UMKM di kota tersebut. .
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 14:03:38 WIB

    Andre Rosiade Bantu Pemugaran Pasar Silungkang Sawahlunto

    Andre Rosiade Bantu Pemugaran Pasar Silungkang Sawahlunto HARIANHALUAN.COM — Anggota Komisi VI DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade mengunjungi Pasar Silungkang, Kota Sawahlunto 25 Juli 2020 lalu. Kedatangan Andre, untuk bersilaturahmi dengan warga Silungkang dan pengurus Kerapatan Ad.
  • Kamis, 30 Juli 2020 - 18:12:16 WIB

    Kapolres Sijunjung Blusukan ke Pasar Sijunjung dan Bagikan Masker

    Kapolres Sijunjung Blusukan ke Pasar Sijunjung dan Bagikan Masker HARIANHALUAN.COM - Sehari menjelang Hari Raya Idul Adha, Kapolres Sijunjung AKBP Andry Kurniawan S.IK, MH kembali blusukan ke pasar tradisional untuk membagikan masker dan cairan pembersih tangan. Setelah sebelumnya di Pasar .
  • Rabu, 29 Juli 2020 - 14:01:41 WIB

    Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merah di Pasar Batusangkar Naik

    Jelang Idul Adha, Harga Cabai Merah di Pasar Batusangkar Naik HARIANHALUAN.COM - Jelang perayaan hari Raya Idul Adha 1441 H sejumlah harga sembako mengalami kenaikan. Salah satu harga sembako yang naik adalah cabai merah keriting. Di Pasar Batusangkar cabai merah keriting ada di harga .
  • Sabtu, 25 Juli 2020 - 17:09:49 WIB

    Kunjungi Pasar Ternak Palangki, Kapolres Imbau Warga Waspadai Curnak

    Kunjungi Pasar Ternak Palangki, Kapolres Imbau Warga Waspadai Curnak HARIANHALUAN.COM — Dalam rangka mencegah dan mengantisipasi terjadinya aksi kejahatan pencurian hewan ternak (Curnak) menjelang Hari raya Idul Adha 1441 H, Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Sijunjung AKBP Andry Kurniawan S.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]