Sawahlunto Terima Rp18,99 M

Dana Bagi Hasil Pajak Samsat Provinsi


Selasa, 15 Desember 2015 - 02:49:40 WIB

Angka tersebut, naik dari tahun 2014 lalu yang hanya pada level Rp16,06 miliar. Kenaikan tersebut, tidak terlepas dari pencapaian penerimaan pajak kendaraan yang terus meningkat terutama oleh Kantor UPTD Samsat Sawahlunto.

Kepala UPTD Samsat Sawah­lunto, Hendi Yulfian kepada Haluan menyebutkan,

target penerimaan Pajak Kenda­raan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nomor Kendaraan Bermotor (BBNKB) sebesar Rp7.07 miliar, yang terdiri dari target PKB sebesar Rp7,01 miliar dan BBNKB sebesar Rp63,6 juta.

Akan tetapi, karena periode Januari hingga September target tersebut bisa terealisasi, maka target penerimaan pajak tersebut dinaikan menjadi Rp7,3 miliar. “Target PKB naik menjadi Rp7,17 miliar dan BBNKB menjadi Rp131 juta,” jelasnya.

Dikatakannya, hingga akhir November 2015, penerimaan PKB telah melebihi dari target yang ditetapkan, yakni telah tercapai sebesar Rp131,75 juta, atau telah terealisasi sebanyak 101,36 persen.

Sementara untuk BBNKB, sete­lah target dinaikan, telah terserap sebanyak Rp7,02 miliar atau 97,83 persen. Pihaknya memperkirakan, hingga tutup tahun ini akan terealisasi 100 persen, bahkan bisa lebih dari target semula.

“Hal yang paling membang­gakan bagi Samsat Sawahlunto selain target terealisasi potensi pajak, juga bertambah atau tergali. Dengan kata lain, setiap tahunnya terjadi peningkatan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak kendaraannya,” sebut Hendi.

Pria yang sebelumnya menjabat Kepala UPTD Samsat Payakum­buh itu juga mengatakan, keberhasilan itu tidak terlepas dari kerja keras semua elemen yang terlibat di dalam Samsat itu sendiri, serta terjalinnya koordinasi yang baik dengan mitra Samsat Polri dan Jasa Raharja.

Bagi Hendi, mayarakat penerima pelayanan merupakan teman atau saudara, sehingga ter­ciptalah pelayanan prima. Yang tak kalah penting, juga keterlibatan aparatur pemerintah kota, yang terus mendorong masyarakatnya untuk menjadi masyarakat yang taat pajak.

“Dari itu semua, hasil lain yang di dapat oleh Samsat Sawahlunto ialah berupa penghargaan serti­fikat ISO 9001:2008 dari lembaga sertifikasi Sistem mutu PT ICSM Indonesia, sebagai salah satu samsat yang telah mampu memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat wajib pajak,” terangnya. (h/mg-rki)





Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM