Panwaslu Pasaman Terima Lima Laporan Terkait Pemilih


Selasa, 15 Desember 2015 - 02:58:12 WIB
Panwaslu Pasaman Terima Lima Laporan Terkait Pemilih

Ketua Panwaslu Kabupaten Pasaman Rini Juwita, Senin (14/12) mengatakan, saat ini, pihaknya tengah mengkaji aduan masyarakat tentang penetapan DPT-Tb2 yang dinilai tidak sesuai aturan. Pemilih yang bisa masuk dalam DPT-TB 2 ini adalah yang belum terdaftar di DPT maupun DPT Tb namun hadir ke TPS pada hari proses pemilihan pada 9 Desember 2015, dan menyalurkan suaranya. Kemudian, pemilih ini harus memilih sesuai dengan domisili yang tertera pada kartu identitas yang dimiliki.

“Saat ini kami tengah melakukan klarifikasi terkait DPT-Tb2 dalam pemungutan dan penghitungan suara. Sebab ada lima laporan yang masuk. Dugaannya, tidak sesuainya identitas yang digunakan pemilih, ber­dasarkan peraturan yang ada,” kata Rini.

Ia menambahkan, untuk klarifikasi laporan tersebut, hingga saat ini lebih kurang 30 orang saksi telah dimintai keterangan yakni dari pihak petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), saksi masing-masing pasangan calon, dan juga panwascam. 

Rini menyebutkan, penggunaan DPT-Tb2 menurut pihak terkait harus sesuai dengan peraturan yang berlaku, yakni surat edaran Nomor 1003/KPU/XIII/2015 tertanggal 6 Desember 2015, dimana pemilih dapat didaftarkan ke DPT-Tb2 pada hari dan tanggal pemungutan suara untuk menggunakan hak pilihnya, satu jam sebelum berakhirnya pemungutan di TPS.

 Pendaftaran sebagaimana dimaksud pada poin satu, dilakukan dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), paspor atau identitas lainnya kepada KPPS. KTP yang dimiliki oleh pemilih yang belum terdaftar dalam DPT dan DPTb-1 adalah KTP yang masih berlaku tanpa dibatasi waktu penerbitannya sebelum hari dan tanggal pemungutan suara, yang dipergunakan untuk menggunakan hak pilih di TPS. 

Selanjutnya, penggunaan hak pilih hanya dapat dilakukan di TPS yang berada di RT/RW, desa/kelurahaan atau sebutan lain sesuai dengan alamat yang tertera dalam KTP, KK, Paspor atau identitas lainnya. 

“Jika memang nanti terbukti ada yang menyalahi aturan tersebut, tentu akan kami keluarkan re­komendasi,” jelasnya. (h/col)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]