Pemko Padang Raih Penghargaan Peduli HAM


Selasa, 15 Desember 2015 - 03:08:03 WIB
Pemko Padang Raih Penghargaan Peduli HAM

“Penghargaan ini dida­pat berkat kerja sama selu­ruh pihak termasuk masya­rakat, karena dengan sinergi sangat menetukan prestasi yang dicapai selama ini,” kata Walikota Padang, Mah­yeldi Ansharullah di Pa­dang, Senin (14/12).

Padang meraih peng­hargaan ini bersama 132 kabupaten dan kota se-Indonesia yang meningkat dari tahun 2014, karena pada saat itu hanya 56 ka­bupaten dan kota yang me­raih penghargaan tersebut.

Menurut dia, dengan penghargaan ini akan me­nambah semangat serta mo­ti­vasi Kota Padang da­lam melaksanakan pen­g­hor­ma­tan, perlindungan dan pe­menuhan hak asasi manusia.

“HAM tidak identik dengan pelanggaran atau permasalahan, akan tetapi HAM dalam perspektif pe­me­­rintahan yakni mem­bangun kota menjadi tempat yang layak sebagai tempat hidup,” katanya.

Menteri Hukum dan HAM RI Yassona H Laoly menyebut bahwa pem­beri­kan penghargaan kepada kabupaten dan kota dapat dimaknai sebagai komit­men tinggi daerah dalam pemenuhan HAM.

“Kami harapkan pada peringatan hari HAM pada tanggal 10 Desember 2015, dapat menjadi momentum serta refleksi sejauh mana HAM menjadi pondasi bang­sa,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo mengata­kan cukup percaya kepada Kabupaten dan Kota pene­rima penghargaan dalam melakukan kebijakan un­tuk melindungi HAM masya­rakat.

Menurutnya, permasa­la­han HAM cukup banyak ter­jadi dan belum sepe­nuh­nya terselesaikan, seperti pelanggaran HAM masa lalu, konflik antar daerah dan suku, serta bentuk pe­langgaran lainnya. (h/ans)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]