Padang Optimistis Cetak 10.000 Wirausahawan


Selasa, 15 Desember 2015 - 03:13:36 WIB
Padang Optimistis Cetak 10.000 Wirausahawan

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Yunisman kepada Haluan, Senin (14/12), mengatakan, di setiap kelurahan saat ini tercatat minimal 20 UMK. Jika ditotal dari 104 kelurahan akan menjadi 2 ribu lebih.

“Ini sudah mulai ber­jalan dan hasilnya sudah bisa kita rasakan. Misalnya acara nasional yang digelar di Kota Padang menjadi peluang besar bagi UMK berkembang,” ucapnya.

Ia menambahkan, di Kota Padang mendapat 2.­500 izin. Namun, pihaknya ingin lebih dari itu, sebab Padang punya tenaga pen­damping sendiri di kelura­han.

Jika 20 UMK saja yang difasilitasi izinnya oleh tenaga pendamping, maka sudah ada 2.080 yang dapat. Yunisman optimistis pener­bitan Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) di daerahnya melebihi alokasi yang dibe­rikan.

Apalagi Wako Mahyeldi Ansharullah mendukung penuh kegiatan ini. Program unggulan walikota untuk mencetak 2.000 wirausaha­wan baru tiap tahun ini, jika dibandingkan dengan da­erah lain sudah mulai me­nampakkan hasilnya.

“Memang kita masih berusaha merubah mindset atau pola pikir masyarakat. Karena kita akan meng­hadapi Masyarakat Eko­nomi ASEAN (MEA), jadi semua akan kita siapkan secara matang,” tuturnya.

Namun, ada satu pa­meo bagi UMK meng­ha­dapi ME­A, tambah Yu­nisman, ‘jual produk kita dan beli produk kita juga’. Sebab, orang Minang cukup dike­nal sebagai pedagang yang ulung dan cerdas.

“Kita tidak menghindari produk luar, tetapi kita membaguskan produk kita tanpa menutup diri. Con­tohnya saja seperti produk peci nasional yang bagus. Malah walikota sendiri ikut memasarkannya. Kalau un­tuk produk seperti batik kita juga tidak kalah. Ada batik tanah liek yang kualitasnya tidak tertinggal diban­ding­kan dengan daerah lainnya,” terangnya lagi.

Diakui oleh Yunisman untuk kemasan dan pe­nam­pilan produk memang men­jadi tugas bersama. Ditam­bah dengan kualitas produk yang bekerja sama dengan BPOM serta MUI.

“Jika ingin bersaing be­sar-besaran produk kita akan melibatkan MUI dan BPOM,” tuturnya lagi.(h/ows)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]