Parpol Islam Perlu Perkuat Pelembagaan


Selasa, 15 Desember 2015 - 03:17:31 WIB
Parpol Islam Perlu Perkuat Pelembagaan

“Semakin kuat lem­ba­ganya semakin mampu me­rangkul konstituen serta memiliki cara untuk meme­nangkan pemilihan umum (pemilu),” kata mahasiswa S3 Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Hus­nan Bey Fananie di Yog­yakarta, Sabtu (12/12).

Saat mempertahankan disertasinya untuk meraih gelar doktor di Sekolah Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Hus­nan mengatakan partai Is­lam kontemporer di Indo­nesia saat ini cenderung menga­lami pelemahan da­lam aspek kelembagaan.

Baca Juga : Kemenkes Akui Vaksinasi Tahap I Belum Optimal Menangkal Covid-19

Hal itu, menurut dia, rentan mengakibatkan mun­­­culnya praktik tran­sak­sional di luar kendali serta tercerabutnya gerakan par­tai dari ideologinya sendiri.

“Seiring perkembangan globalisasi, kelembagaan partai memang menunjuk­kan penurunan,” kata Hus­nan yang juga salah satu pengurus struktural Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Baca Juga : 10 Maskapai Teraman di Dunia 2021, Tak Ada dari Indonesia

Menurut dia, naik tu­run­nya perolehan suara partai politik Islam dalam pemilu akhir-akhir ini harus men­jadi bagian dari evaluasi yang mendalam bagi partai. Itu dilakukan untuk menge­tahui sejauh mana tingkat pelembagaan politik.

Sementara itu, dengan mengambil studi kasus pada tubuh Partai Persatuan Pem­bangunan tahun 1999-2014, Husnan menilai di­namika internal di tubuh partai berlambang ka’bah tersebut juga tidak jauh dari goyahnya pelembagaan par­tai. Lemahnya pelembagaan partai itu akhirnya me­numbuhkan faksi-faksi yang saling mengklaim ke­absa­han masing-masing disertai dengan keluarnya beberapa elite partai.

Baca Juga : Lebih dari 132 Ribu Tenaga Kesehatan Sudah Divaksinasi Covid-19

Padahal, kata Husnan, apabila dibarengi dengan sistem pelembagaan yang baik, partai yang erat dengan model kepemimpinan kha­ris­matik (charismatic lea­dership) berbasis pesantren tersebut memiliki kekuatan tersendiri untuk merangkul konstituen sebanyak-ba­nyak­nya, jika dibandingkan partai sekuler.

“Kepemimpinan kha­ris­matik yang sangat kuat kul­tur ke-Islamannya dalam konteks PPP memang seha­rus­nya lebih mampu mem­ba­ngun kelem­bagaannya dengan sempurna,” kata Husnan yang juga meru­pakan calon Duta Besar RI untuk Azerbaijan itu. (h/rol)

Baca Juga : BNPB Minta Pendataan Rumah Rusak Pascagempa Sulbar Segera Diselesaikan

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: redak[email protected]