Dana Desa Tahap III Molor

Pejabat Nagari/Desa Terpaksa Berutang


Selasa, 15 Desember 2015 - 03:24:21 WIB

Kepala Badan Pem­ber­da­­yaan Masyarakat (BPM) Sum­bar Syafrizal dihu­bu­ngi Haluan dari Padang Se­nin (12/12) menuturkan, hing­ga bulan Desember ini rea­lisasi fisik telah men­ca­pai 90 persen. Sementara un­­tuk realisasi anggaran di atas 80 persen. “Saat ini kita me­­nunggu dana tahap III se­be­sar 20 persen lagi dari pe­me­rintah pusat. Dari in­for­ma­­sinya baru akan diki­rim da­­lam minggu ini,” te­rang­nya.

Karena dana tahap III ini telah cairnya, maka kelan­jutan pekerjaan fisik men­jadi tersendat. Begitu pula realisasi anggaran di nagari/desa. “Kemarin sudah ba­nyak wali nagari yang me­nelpon, mereka me­nanya­kan dana tahap III ini. Pada­hal pekerjaan sudah dila­kukan,” terangnya.

Untuk target realisasi pekerjaan 100 persen hing­ga akhir tahun ini, Syafrizal optimis tercapai mengingat yang ditunggu hanya dana 20 persen tersebut.

“Untuk melanjutkan pekerjaan jelang cairnya dana ini, maka wali nagari/kepala desa terpaksa ber­utang ke toko bangunan yang ada di daerahnya,” pungkas Syafrizal.

Secara umum, lanjutnya, pelaksanaan dana desa di Sumbar tidak ada masalah. Hal itu dikarenakan sejak awal pelaksanaan program ini telah dilakukukan per­sia­pan berbagai mekanisme pelaksanaan, pelaporan dan penga­wasan. “Dana desa tahap III dicarikan setelah pelaksanaan program dana desa tahap I dan II ram­pung,” tuturnya.

Penyaluran dana desa dilakukan tiga tahap. Tahap pertama pada Mei 2015 sebesar 40 persen. tahap II pada Agustus sebesar 40 dan tahap III sebesar 20 persen Desember 2015.

Di Sumbar, ada 12 ka­bupaten dan dua kota yang men­dapatkan dana tersebut. Kota yang masih menerima dana itu masing-masing Kota Sawahlunto dan Kota Pariaman. Hal itu dika­renakan pada dua kota ini memiliki desa. Total ada 880 nagari dan desa yang mendapatkan bantuan, seki­tar Rp300 juta per nagari di Sumbar. (h/mg-isr)


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM