Irfendi Arbi

Tak Disangka Menang Pilkada


Selasa, 15 Desember 2015 - 03:33:50 WIB
Tak Disangka Menang Pilkada

Tetapi, pada Rabu (9/12) sore, nama Irfendi Arbi membuat buncah Kabupaten Limapuluh Kota. Kenapa tidak, dari keempat pasangan calon bupati dan wakil bupati,  dalam  hitungan suara sementara  hasil Pilkada ternyata   Irfendi Arbi berpa­sangan dengan Ferizal Ridwan mampu mendulang suara terbanyak.

Irferdi dan Ferizal Ridwan ham­pir menguasai suara di seluruh kecamatan se-Kabupaten Limapuluh Kota. Semua orang tidak percaya, bahkan unggulnya Irfendi Arbi juga jadi pembicaraan hangat sebagian tokoh-tokoh  yang ada di Kota Payakumbuh.

Baca Juga : Prabowo dan Habib Rizieq

Selama ini, Irfendi Arbi bukan orang asing lagi di Kabu­paten Limapuluh Kota. Selain pernah menjabat sebagai Wakil Bupati Limapuluh Kota pada periode 2005-2010, pada Pilkada 2010 Irfendi juga mencalon sebagai bupati dan pernah mendulang suara

terbanyak di Pilkada putaran perta­ma. Tetapi pada Pilkada 2010 putaran  II, mantan Ketua KNPI Padang ini kalah 800 suara dari pasangan Alismarajo-Asyir­wan Yunus.

Baca Juga : Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam

Selama kalah Pilkada 2010, Irfendi Arbi tidak pernah lupa dengan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota. Dia terus men­jalin silaturahmi dengan masya­rakat. Masuk kampung keluar kampung dan bertemu dengan masyarakat.  Bertemu dengan kelompok tani, peternak dan sering minum kopi bareng di kedai-kedai yang ada di kampung seperti di  Lareh Sago Halaban, Kecamatan Payakumbuh, Mung­ka untuk bersilaturahmi.

Pria kelahiran, Limapuluh Kota 20 April 1964 ini  dengan mobil Avanzanya mendatangi kampung-kampung tanpa ada tim yang mengikuti. Bahkan sering menaiki sepeda mo­tor sendirian  untuk bersila­turah­mi dengan masyarakat Kabu­paten Limapuluh Kota. Men­datangi jorong-jorong terpencil dan bercerita dengan kaum ibu-ibu sudah menjadi kebiasaan Irfendi Arbi kalah setelah Pil­kada 2010 lalu.

Baca Juga : Catatan Akhir Tahun (2): Kita Sungguh Perlu Bersatu

Terkadang, silaturahmi yang dijalin Irfendi Arbi setelah kalah Pil­kada 2010, malah sering dija­dikan bahan ejekan bagi sebagian pihak. Memasuki 2015, mantan pegawai Dinas Perta­nian Sumbar itu, semakin gencar men­datangi masyarakat Lima­puluh Kota. Biasa hanya sekali sebu­lan tetapi semenjak aura Pilka­da mulai terasa, silaturahmi Irfendi Arbi dilakukan sekali sepekan bahkan tak jarang ham­pir setiap hari bertemu masya­rakat.

Setiap  bertemu dengan mas­ya­rakat, Irfendi Arbi tidak pernah  meninggalkan sedikit uang ataupun harta lainnya. Bahkan, Irfendi Arbi lebih se­nang mendengar curhatan mas­yarakat terhadap kondisi Kabu­paten Limapuluh Kota dan saling curhat untuk kepentingan mas­yarakat.

Baca Juga : Catatan Akhir Tahun(1) : Ekonomi Menyedihkan

Tampil sederhana dan apa adanya, sudah menjadi ciri khas Irfendi Arbi bagi masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota. Sehingga, berkat perjuangan serta usahanya semenjak 2010 dan perwatakan yang sederhana melekat di hati masyarakat Kabu­paten Limapuluh Kota.

Tetapi, tidak semua orang tahu apa yang telah diperjuangkan Irfendi Arbi pasca kekalahan Pilkada 2010. Malahan pria asal Nagari Simalanggang, Kecama­tan Payakumbuh ini dianggap remeh oleh lawan-lawan politiknya.

Apalagi diperparah  setelah resmi mendaftar di KPU Lima­puluh Kota berpasangan dengan Ferizal Ridwan. Pasangan ini dianggap sebagai calon kepala daerah yang paling miskin dan tidak berduit. Hal itu juga di buktikan dari dana kampanye yang dilaporkan ke KPU, pasa­ngan nomor urut 1 ini malah memiliki nol rupiah dana kampanye.

Dengan kondisi itu malahan pasangan Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan dinilai memiliki peluang paling tipis untuk memenangkan Pilkada Limapuluh Kota. Dari Agustus sampai  detik-detik se­belum penghitungan suara di 9 Desember 2015, Irfendi Arbi malah tidak pernah disinggung bakal meraup suara terbanyak.

Malahan, menurut prediksi sebagian tokoh politik, yang bakal berpacu untuk menda­patkan suara terbanyak adalah pasangan nomor urut 2 Asyirwan Yunus-Ilson Cong seka­ligus in­cumbent dengan pasangan nomor urut 4 Azwar Chesputra-Yunirwan Khatib (AZAN). Na­mun memang satu bulan menje­lang hari pencoblosan, grafik survei elektabilitas pasangan Irfendi-Ferizal Ridwan terus membaik. Bahkan dua hingga satu minggu menjelang hari pemi­lihan, survey dan prediksi elek­tabilitas pasangan Irfendi-Ferizal terus menanjak.

Hanya beberapa menit sete­lah penghitungan suara di TPS-TPS, gambaran terhadap pasa­ngan yang akan meraup suara terbanyak sudah terlihat. Bah­kan, di TPS pun pasangan Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan paling domi­nan mendapatkan suara.

Dengan kondisi tersebut, membuat lawan politik dari pasangan yang diusung oleh PDIP, PKB dan PPP itu sempat terkejut dan tidak percaya dengan hasil perolehan suara di TPS. Pasangan Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan malahan jauh lebih unggul dari pasangan lainnya.

Menurut Don Vesky Datuak Tan Marajo tokoh masyarakat Limapuluh Kota, pergerakan oleh  Irfendi Arbi memang sudah lama dia lakukan. Tapi Irfendi Arbi lebih banyak diam dan tidak terlalu terlalu banyak bicara terhadap gerakannya sete­lah kalah Pilkada 2010.

Seperti di Kecamatan Situ­juah Limo Nagari, setelah kalah Pilkada lima tahun lalu, Irfendi hampir setiap minggu menda­tangi masyarakat dan tokoh-tokoh kecamatan untuk menjaga silaturahmi. Lima tahun silam, saat Pilkada Irfendi di Keca­matan Situjuah menang telak.

Hal yang sama juga terjadi di Pilkada 2015. Irfendi Arbi me­nang telak. Hal itu  dampak dari silaturahmi yang tidak terputus oleh Irfendi Arbi. Malahan situ­juah jadi basis suara bagi Irfendi di Pilkada 9 Desember 2015.

“Apa yang kita tanam, itu pula yang kita tuai. Selama ini Irfendi Arbi walau banyak ditinggalkan kawan pasca kekalahan Pilkada 2010 tetapi benih kebaikannya tetap dituai Irfendi. Artinya, silaturahmi terus dijalin Irfendi,” terang Dt Tan Marajo.

Irfendi Arbi sendiri me­ngung­­kapkan apa yang diperoleh Pilkada kali ini, merupakan berkat doa, dukungan masya­rakat Kabupaten Limapuluh Kota dan perjuangan tim yang solid. “Al­hamdulilah masyarakat masih mempercayai. Ternyata perjua­ngan secara diam-diam selama ini membuahkan hasil. Ini juga berkat dukungan perjuangan keras tim untuk memenangkan Irfendi Arbi-Ferizal Ridwan,” ucap insinyur pertanian ini.  **

 

Laporan:  DADANG

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 Januari 2021 - 09:37:20 WIB

    Prabowo dan Habib Rizieq

    Prabowo dan Habib Rizieq Partai Gerindra sungguh seperti berkayuh di antara dua karang dalam bersikap terhadap kasus yang dialami Habib Rizieq Sihab (HRS), Ormas dan pengikutnya sekarang ini. .
  • Kamis, 31 Desember 2020 - 20:46:02 WIB

    Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam

    Catatan Akhir Tahun (4): Selamat Tinggal Tahun Kelam TAHUN 2020 segera akan berakhir. Tahun 2021 segera akan tiba. "Selamat tinggal tahun 2020. Selamat tinggal tahun kelam. Selamat tinggal tahun yang penuh dengan kepahitan hidup. .
  • Senin, 28 Desember 2020 - 14:48:33 WIB

    Catatan Akhir Tahun (2): Kita Sungguh Perlu Bersatu

    Catatan Akhir Tahun (2): Kita Sungguh Perlu Bersatu DARI pengalaman kita selama di tahun 2020 yang nyaris tak berhenti hidup dalam pertengkaran, hidup dalam perseteruan politik dan hukum yang berkepanjangan, sudah selayaknyalah kita mengubah pola hidup begini kepada pola hidup.
  • Ahad, 27 Desember 2020 - 21:15:22 WIB

    Catatan Akhir Tahun(1) : Ekonomi Menyedihkan

    Catatan Akhir Tahun(1) : Ekonomi Menyedihkan Begitu wabah Corona atau Covid-19 dinyatakan mewabah di Indonesia pada bulan Maret lalu, ekonomi langsung anjlok, karena kegiatan pasar langsung stagnan tiba-tiba. Pasar banyak yang ditutup. Mulai dari kegiatan pedagang kaki .
  • Jumat, 25 Desember 2020 - 13:51:03 WIB

    Pendukung Sandiaga Uno: Di Sana Engkau Tersenyum, di Sini Kami Menangis

    Pendukung Sandiaga Uno: Di Sana Engkau Tersenyum, di Sini Kami Menangis Sebagaimana kita ketahui, mantan Calon Wakil Presiden(Cawapres) Sandiaga Uno baru saja dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) bersama 5 orang Menteri lainnya, hasil reshuffl.
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]