Padang Pariaman Sediakan Dana Berburu Tupai di APBD


Rabu, 16 Desember 2015 - 03:31:47 WIB
Padang Pariaman Sediakan Dana Berburu Tupai di APBD

“Kerjasama tersebut, yakni dengan melaksanakan lomba berburu tupai di kawasan Nagari Sikucur,” ujar Ketua Kelompok Tani Pincuran Tujuh Nagari Siku­cur, Khairunas kepada Ha­luan di Kampung Dalam, Selasa (15/12).

Menurutnya, lomba bu­ru tupai ini dilaksanakan selama 2 hari, 14-15 De­sember 2015. “Bagi para pemenang akan diberi ha­diah oleh Kelompok Tani Sukun Jaya dan Pincuran Tujuh,” ujar­nya.

Sementara itu aku Khai­runas, pemerintah kabu­paten melalui Dis­per­ta­nakhut Padang Pariaman juga menyediakan uang in­sen­tif pagi penembak tupai. “Seekor tupai yang mati akan mendapatkan dana insentif sebesar Rp5.000,” jelasnya.

Menurutnya, dana in­sentif tersebut berasal dari dana APBD Padang Paria­man, sementara itu untuk hadiah disediakan oleh ma­sya­rakat melalui kelompok tani. “Masyarakat yang me­mi­liki kebun kelapa, durian dan manggis beriyuran un­tuk menyediakan hadiah tersebut,” katanya.

Khairunas juga me­nga­takan, pada hari pertama lomba, ratusan ekor tupai berhasil dimusnahkan. “Sia­pa yang banyak berhasil membunuh tupai selama dua hari, maka dialah peme­nangnya,” ungkapnya.

Wali Korong Koto Hila­lang Selatan Nagari Sikucur Hakimi mengungkapkan, buru tupai yang dise­leng­garakan saat ini dilaksa­nakan pada momen yang sangat tepat. Karena saat ini, sedang musim durian dan manggis. “Dengan buru tu­pai ini, dipastikan produksi durian dan manggis akan meningkat,” katanya.

Tupai katanya, meru­pakan satu satu hama bagi buah-buahan yang sedang musing. Kalau tupai ba­nyak yang dibunuh, dipas­tikan banyak pula buah durian dan manggis yang selamat. Disamping me­nye­lamatkan musim buah, dengan buru tupai juga akan mening­katkan pro­duksi buah kela­pa. Pro­gram buru tupai ini meru­pakan program yang sangat berdampak pada ekonomi masyarakat. Un­tuk itu Ha­kimi berharap, agar insen­tif untuk buru tupai ini selalu ditingkatkan dalam APBD Padang Paria­man. (h/ded)

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]