Rawan Longsor

Jalan Alternatif Pasar Baru-Alahan Panjang Harus Disegerakan


Rabu, 16 Desember 2015 - 03:33:14 WIB

Masyarakat Kenagarian Muara Air,  Kecamatan IV Nagari Bayang Utara (Ba­yu) mengharapkan kepada pe­merintah agar pem­bangu­nan jalan alternatif  Pasar Baru menuju Alahan Pan­jang Solok  dapat  di­ram­pung­kan, pasalnya ke­bu­tuhan  sarana perhubungan tersebut  sangat di­dam­ba­kan oleh masyarakat Pessel.

Wali Nagari Muara Air Joenedi mengatakan,  ma­sya­rakat menilai, bila jalan tersebut  tidak segera di­ting­katkan statusnya, di­kha­watirkan  bakal terjadi ke­rusa­kan yang lebih parah. Seharus jalan yang masih berupa jalan tanah tersebut perlu ditingkatkan status­nya menjadi jalan yang me­ma­dai serta bisa dilalui oleh kendaraan angkutan umum maupun barang  dalam me­m­bantu meringankan beban masyarakat.

“Jalan alternatif tersebut merupakan kebutuhan ma­sya­rakat yang tidak bisa dielakkan dalam mem­ba­ng­kit­kan pertumbuhan eko­nomi. Apalagi dengan ter­buka­nya jalan alternatif tersebut,  masyarakat Pessel tidak lagi  menggunakan jalan melingkar melalui Padang  menuju Solok, se­ti­dak­nya ini mampu meng­hemat biaya,” katanya.

Sementara Camat Ke­ca­matan Bayang Utara Asril Pitir menga­ta­kan, pem­ba­ngu­nan jalan alternatif ter­sebut diawali sejak 2007 lalu oleh Pemkab Pessel. Kini kelanjutan pem­bangu­nan­nya diserahkan kepada Pe­me­rintah Provinsi Sum­bar, pasalnya jalan tersebut sta­tus­nya sudah merupakan jalan provinsi. Masyarakat Pessel tetap me­num­pang­kan harapannya kepada pe­merintah  agar  pe­lak­s­ana­an pembangunannya tidak berlangsung lama dan man­faat­nya dapat dirasakan oleh masyarakat  Pessel maupun masyarakat  Ka­bu­paten Solok. (h/mjn)



Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com


[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM